Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Hal yang Tak Dimiliki iPhone 5

Kompas.com - 10/06/2013, 16:55 WIB

KOMPAS.com - Hadir sebagai sebuah smartphone tercanggih milik Apple, iPhone 5 memang tampak memiliki segalanya. Ia memiliki spesifikasi, performa, dan juga fitur terbaik.

Namun, tidak ada produk yang benar-benar sempurna di dunia ini, begitu juga iPhone 5. Masih ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan oleh perangkat yang kabarnya akan segera mendapatkan generasi penerus.

Berikut 7 fungsi penting yang tidak dimiliki oleh iPhone 5, seperti dikutip dari Business Insider.

1. Belum dilengkapi NFC

Smartphone yang banyak beredar belakangan ini, baik itu kelas menengah hingga kelas atas, kebanyakan sudah dilengkapi dengan NFC. Sayangnya, hingga generasi ke-6 ini, Apple masih belum menyematkan komponen tersebut.

NFC sebenarnya adalah pengembangan dari teknologi kartu Radio Frequency Identification (RFID). Dengan menggunakan NFC, pengguna dapat melakukan aktivitas pembayaran hanya dengan menempelkan ponsel ke sebuah alat pembaca.

Apple sendiri sebenarnya sudah "mengganti" NFC dengan sistem Passbook yang mulai tersedia di iOS 6. Melalui fitur tersebut, pengguna dapat menyimpan tiket, kartu hadiah (gift cards), boarding pass, dan masih banyak lagi.

Fitur ini pun dapat menjalankan beberapa (tidak semua) fungsi NFC. Contohnya, pengguna tidak bisa menggunakan NFC untuk mengirimkan uang secara nirkabel ke akun PayPal orang lain.

Dengan semakin menjamurnya toko-toko yang mendukung NFC, Apple sudah harus mengaplikasikan komponen tersebut ke perangkat terbarunya.

2. Mengetik yang lebih nyaman

Mengetik di layar sentuh memang tidak akan pernah senyaman mengetik di papan ketik fisik. Pengembang sudah berusaha sekuat tenaga untuk mengembangkan aplikasi mengetik yang membuat tingkat kenyamanan mengetik semakin meningkat.

Salah satu aplikasi yang sudah berhasil mengakomodasi hal tersebut adalah Swype. Sayangnya, aplikasi ini hanya terdapat di Android saja.

Daripada harus mengetik huruf demi huruf, pengguna aplikasi tersebut dapat drag (menggeser jari tanpa mengangkat jari dari layar) untuk membuat kata.

Pada kenyataannya, Apple memberikan fungsi auto-text/autocorrect yang mampu memprediksi kata apa saja yang ingin diketik oleh penggunanya. Namun, seringkali kata yang dihasilkan tidak tepat. Tentu hal tersebut membuat pengguna semakin lamban dan mengurangi tingkat kenyamanan dalam mengetik.

3. Dukungan terhadap kartu SD

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com