7 Hal yang Tak Dimiliki iPhone 5

Kompas.com - 10/06/2013, 16:55 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Hadir sebagai sebuah smartphone tercanggih milik Apple, iPhone 5 memang tampak memiliki segalanya. Ia memiliki spesifikasi, performa, dan juga fitur terbaik.

Namun, tidak ada produk yang benar-benar sempurna di dunia ini, begitu juga iPhone 5. Masih ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan oleh perangkat yang kabarnya akan segera mendapatkan generasi penerus.

Berikut 7 fungsi penting yang tidak dimiliki oleh iPhone 5, seperti dikutip dari Business Insider.

1. Belum dilengkapi NFC

Smartphone yang banyak beredar belakangan ini, baik itu kelas menengah hingga kelas atas, kebanyakan sudah dilengkapi dengan NFC. Sayangnya, hingga generasi ke-6 ini, Apple masih belum menyematkan komponen tersebut.

NFC sebenarnya adalah pengembangan dari teknologi kartu Radio Frequency Identification (RFID). Dengan menggunakan NFC, pengguna dapat melakukan aktivitas pembayaran hanya dengan menempelkan ponsel ke sebuah alat pembaca.

Apple sendiri sebenarnya sudah "mengganti" NFC dengan sistem Passbook yang mulai tersedia di iOS 6. Melalui fitur tersebut, pengguna dapat menyimpan tiket, kartu hadiah (gift cards), boarding pass, dan masih banyak lagi.

Fitur ini pun dapat menjalankan beberapa (tidak semua) fungsi NFC. Contohnya, pengguna tidak bisa menggunakan NFC untuk mengirimkan uang secara nirkabel ke akun PayPal orang lain.

Dengan semakin menjamurnya toko-toko yang mendukung NFC, Apple sudah harus mengaplikasikan komponen tersebut ke perangkat terbarunya.

2. Mengetik yang lebih nyaman

Halaman:
Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X