Apple OS X 10.9 Bernama Mavericks

Kompas.com - 11/06/2013, 01:11 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com — Apple merilis sistem operasi komputer pribadi OS X versi 10.9 yang diberi nama Mavericks, dalam acara konferensi pengembang aplikasi Apple World Wide Developer Congress (WWDC) 2013, Senin (10/6/2013).

Senior Vice President Software Engineering Apple Craig Federighi menjelaskan, Mac OS X Mavericks menambahkan sejumlah fitur baru, antara lain kemampuan tab baru pada Finder untuk memudahkan pelacakan file di komputer Mac.

Nama Mavericks menandai era baru di Mac OS X setelah Apple menggunakan penamaan "kucing besar" untuk Mac OS X, seperti Tiger, Lion, atau Mountain Lion.

Federighi bahkan sempat bercanda dengan menampilkan gambar singa laut (Sea Lion) sebagai nama dari OS X 10.9. Mavericks, ujarnya, akan menjadi yang pertama dari nama-nama yang terinspirasi dari California, negara bagian AS tempat Apple bermarkas.

"Kami tidak ingin perangkat lunak kami tertunda karena pasokan nama dari kucing berkurang," ujar Federighi dengan nada bercanda.

Fitur lain yang juga ada di Mavericks adalah manajemen password pengguna dengan iCloud Keychain, yang menyimpan secara aman informasi pribadi seperti rincian log-in, nomor kartu kredit, dan data sensitif lain yang memerlukan sinkronisasi antar-perangkat.

Perangkat lunak peramban (browser) Safari juga diperbarui untuk meningkatkan perfoma. Federighi mengatakan, kinerja Safari lebih baik dari Chrome dan Firefox.

Seperti sistem operasi Mac OS X sebelumnya, Mac OS X Mavericks akan tersedia untuk diunduh dari toko aplikasi Mac App Store.

Versi developer Mac OS X Mavericks akan tersedia segera. Adapun untuk umum akan tersedia menjelang akhir tahun (musim gugur di AS). 

Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X