Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple iOS Bakal Jalan di Mobil

Kompas.com - 11/06/2013, 11:45 WIB

KOMPAS.com - Apple meluncurkan iOS in the Car, sebuah sistem untuk mengintegrasikan perangkat iOS dengan perangkat layar sentuh di dashboard mobil. Pengguna dimungkinkan mengakses sejumlah fitur iOS tanpa harus mengganggu konsentrasi dan kenyamanan berkendara.

Dalam konferensi pengembang aplikasi Apple World Wide Developer Congress di AS, Senin (10/6/2013), Senior Vice President of Internet Software and Services Apple, Eddy Cue, tidak memberi rincian fitur dan fungsi lain dari iOS in the Car.

Namun, ia memberi sedikit gambaran bahwa pengendara bisa membuka Apple Maps, pesan, dan musik, tanpa harus mengalihkan pandangannya dari jalanan. Karena itulah, iOS in the Car bakal mendukung navigasi dengan perintah suara Siri Eyes Free yang terhubung ke internet.

Siri bisa membacakan pesan yang masuk, dan pengguna juga bisa mendiktekan pesan balasan yang hendak dikirim.

"Sekarang Siri sudah jauh lebih cerdas. Anda bisa memintanya memainkan voicemail yang masuk, atau memintanya mengaktifkan Bluetooth," kata Eddy.

Apple mengaku telah bekerjasama dengan sejumlah produsen mobil, antara lain Honda, Mercedes, Nissan, Ferrari, Chevrolet, Kia, Hyundai, Volvo, Jaguar, dan lainnya. Rencananya, iOS in the Car akan dipakai di beberapa mobil model baru tahun 2014 mendatang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com