Dibuka, Kontes Pencarian Startup IDByte 2013

Kompas.com - 11/06/2013, 14:27 WIB
EditorReza Wahyudi

Aditya Panji/KompasTekno Suasana pembukaan konferensi IDByte 2013 di At America, Mal Pacific Place Jakarta, Selasa (11/6/2013).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu membuka acara konferensi perusahaan rintisan digital (startup) IDByte 2013. Selain menjadi tempat pertemuan para pelaku digital, acara ini juga menjadi kontes pencarian startup digital terbaik di Indonesia.

IDByte 2013 yang diselenggarakan oleh perusahaan jasa digital Bubu, berlangsung selama tiga hari, dari 11 sampai 13 Juni 2013, di @America dan Hotel Ritz Carlton Pacific Place Jakarta. Tema yang diusung adalah "Membangun Perusahaan Kelas Dunia."

Mari Elka mendukung acara seperti IDByte 2013 yang turut memperkuat ekosistem industri kreatif berbasis teknologi di Indonesia. "Tentunya hal ini butuh dukungan dari berbagai kalangan, termasuk swasta, dalam membuka kesempatan dan menjaring potensi masyarakat," ujar Mari Elka.

Pemerintah Indonesia mengestimasi nilai ekonomis industri kreatif berbasis digital di Indonesia mencapai Rp 3,9 triliun, dengan pertumbuhan sekitar 9 persen per tahun. Menurut Mari Elka, nilai pertumbuhan itu terbilang kecil dan masih punya potensi untuk tumbuh, mengingat pasar Indonesia yang besar.

IDByte 2013 menghadirkan para pembicara dari perusahaan teknologi besar seperti Google, Facebook, Rakuten, Evernote, Twitter, Amazon, sampai perusahaan pemodal ventura. Ada pula pembicara dari dalam negeri, seperti pihak operator seluler, pengusaha Sandiago Uno, dan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan.

Menurut Chairman Bubu, Shinta Dhanuwardoyo, kedatangan pelaku bisnis digital yang sukses ini diharap mampu menginspirasi dan menambah wawasan pengusaha startup di Indonesia untuk berpikir dengan perspektif global.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pencarian startup digital terbaik

Pada malam puncak IDByte 2013, atau Kamis (13/6/2013), sebanyak 12 startup digital akan menampilkan keandalan produk atau jasanya di hadapan pengunjung dan investor. 12 startup itu berasal dari Surabaya, Bandung, Yogyakarta, dan Jakarta, yang telah diseleksi melalui program Startup Hunt pada April dan Mei lalu.

Nantinya, akan dipilih satu startup terbaik yang berkesempatan memenangkan uang tunai dari Indonesia Setara sebesar Rp 25 juta dan menghadiri sesi mentoring bersama pengusaha lokal Sandiaga Uno.

Startup terbaik itu berkesempatan mendapat investasi mencapai 50.000 dollar AS dari pemodal perorangan Dave McClure, yang mendirikan perusahaan inkubasi bisnis internet 500 Startups. Ada pula kesempatan mengikuti perjalanan "Geeks on a Plane" ke Timur Tengah bersama startup dan investor dari negara lain.

"Tujuan berwirausaha bukan hanya menjadi terkenal dalam satu era saja, tetapi membuat perusahaan yang dapat memberi profit dan terus berkelanjutan. Untuk mencapai itu, perusahaan butuh jiwa kepemimpinan yang kuat, satu hal yang sering luput dari perhatian," terang Dave McClure.

Untuk menghadiri malam puncak IDByte 2013 pada 13 Juni 2013, tiket dapat dibeli di situs resmi IDByte, RajaKarcis, Tiket Indonesia, dan Tiket.com.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X