Tokopedia Dapat Suntikan Dana dari Softbank Korea - Kompas.com

Tokopedia Dapat Suntikan Dana dari Softbank Korea

Kompas.com - 12/06/2013, 10:02 WIB

Situs jual beli online Tokopedia

JAKARTA, KOMPAS.com - Situs web marketplace Tokopedia.com mengumumkan telah menerima investasi babak baru dari Softbank Ventures Korea. Perusahaan rintisan (startup) ini bertekad mampu menciptakan 1 juta lapangan kerja dalam waktu 5 tahun ke depan.

Pendiri sekaligus CEO Tokopedia William Tanuwijaya tidak mengungkap besarnya nilai investasi. Ia hanya mengungkapkan bahwa Tokopedia sudah dua tahun lebih berkomunikasi dengan Softbank Ventures Korea hingga akhirnya mereka sepakat bekerjasama.

"Kami percaya Softbank akan menjadi mitra strategis yang tepat untuk mencapai visi kami. Tokopedia ingin dapat mengulang kesuksesan Alibaba Group di pasar Indonesia, membangun perusahaan internet yang mampu memberikan dampak positif terhadap masyarakat," kata William dalam siaran pers yang diterima KompasTekno, Rabu (12/6/2013).

Pihak Softbank Ventures Korea percaya pasar Indonesia punya potensi besar dalam bisnis jual beli online model marketplace, seperti yang dilakoni Tokopedia. Softbank sendiri merupakan investor awal di Alibaba Group asal China, dan kini memiliki sekitar 30 persen saham di Alibaba Group.

“Setelah dua tahun mengikuti perkembangan Tokopedia, tim kami percaya Tokopedia dapat menjadi Taobao dari Indonesia,' ujar Daniel Kang, COO dari Softbank Ventures Korea.

Dengan ini, maka secara konsisten setiap tahun Tokopedia mendapatkan pendanaan, yakni dari East Ventures (2010), CyberAgent Ventures (2011), Netprice (2012) dan Softbank Ventures Korea (2013).

Investor Tokopedia sebelumnya, CyberAgent Ventures dan East Ventures, juga berpartisipasi dalam babak pendanaan kali ini. "Hal ini menunjukkan dukungan dan kepercayaan penuh terhadap Tokopedia," tambah William.

Ia mengklaim, Tokopedia merupakan situs web model marketplace dengan trafik tertinggi di Indonesia, dan termasuk salah satu situs muda yang berhasil masuk dalam jajaran 50 situs paling sering dikunjungi di Indonesia.


EditorReza Wahyudi

Close Ads X