Kompas.com - 12/06/2013, 18:55 WIB
EditorReza Wahyudi

Aditya Panji/KompasTekno Operator seluler XL Axiata

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah mengoperasikan layanan pembayaran elektronik XL Tunai, operator seluler XL Axiata sekarang sedang menyiapkan XL Tunai Tap & Go. Layanan ini membuat ponsel seperti uang elektronik (e-money).

XL Tunai Tap & Go merupakan stiker yang bisa ditempel di bagian belakang ponsel. Ini bukan sembarang stiker, karena telah diprogram untuk melakukan pembayaran elektronik.

Senior GM m-Finance Technology, Content & New Business XL Axiata, Yessie D. Yosetya, menjamin keamanan bertransaksi dengan XL Tunai Tap & Go. "Stiker tersebut akan diprogram dan di-pairing dengan nomor ponsel pelanggan XL," ujarnya dalam jumpa pers di acara Indonesia Cellular Show 2013, Rabu (12/6/2013).

Pelanggan terlebih dahulu harus mengisi saldo akun XL Tunai. Jika melakukan transaksi, cukup tempelkan ponsel selama beberapa saat ke alat mesin pembaca transaksi elektronik. Nantinya, saldo XL Tunai akan terpotong senilai pembayaran yang dilakukan.

"Dengan begini pelanggan bisa cepat melakukan transaksi, tinggal tab lalu bisa langsung pergi," tambah Yessie.

Layanan XL Tunai Tap & Go baru bisa digunakan pada September 2013. Rencananya, mesin pembaca XL Tunai Tap & Go akan tersedia di 500 restoran cepat saji dan pasar swalayan di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.