Kompas.com - 14/06/2013, 14:19 WIB
EditorReza Wahyudi

Techpowerup.com


KOMPAS.com - Prosesor PC desktop selama ini belum ada yang bisa menyentuh kecepatan 5 GHz dalam keadaan standar. Tetapi kini AMD telah memperkenalkan FX-9590 prosesor desktop pertama yang sanggup mencapai frekuensi tersebut secara default.

Angka tersebut adalah kecepatan Turbo Core maksimum yang bisa dicapai oleh prosesor dengan 8 core Piledriver Vishera itu. Seperti dikutip dari Anandtech, AMD mematok kecepatan base clock FX-9590 di angka 4,7 GHz atau 300 MHz di bawah frekuensi turbo.

VR-Zone.com

Untuk mencapai kecepatan tersebut, FX-9590 memerlukan sejumlah besar daya, dengan angka thermal design power (TDP) 220 watt atau jauh lebih besar dibanding prosesor AMD sebelumnya yang memegang rekor TDP tertinggi, yaitu Phenom II X4 965 BE (140 watt).

Saat ini FX-9590 baru disalurkan ke produsen PC saja, tetapi prosesor tersebut dikabarkan bakal bisa dibeli langsung oleh konsumen sekitar pertangahan tahun 2013. Harganya sendiri belum diumumkan.

Selain itu, AMD juga memperkenalkan prosesor FX-9370 yang sanggup mencapai kecepatan turbo sebesar 4,7 GHz. Clock standar prosesor ini dipatok di angka 4,4 GHZ.

Baik FX-9590 mauoun FX-9370 sama-sama memiliki multiplier yang tidak terkunci (unlocked) sehingga kecepatannya mudah digenjot lebih jauh melalui teknik overclocking. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.