Samsung Teliti "Gadget" di Markas Nokia

Kompas.com - 15/06/2013, 10:56 WIB
EditorReza Wahyudi

Baz Ratner/Reuters Samsung

KOMPAS.com — Produsen produk elektronik Samsung mengumumkan kesiapannya, Kamis (13/6/2013), untuk membuka kantor pusat penelitian dan pengembangan di kota Espoo, Finlandia, tempat di mana produsen ponsel Nokia berkantor pusat.

Pusat penelitian dan pengembangan Samsung kali ini merupakan yang pertama di wilayah Nordik. Rincian soal jumlah karyawan dan investasi bakal diumumkan di kemudian hari ketika kantor tersebut diresmikan.

Beberapa lembaga riset mencatat, Samsung saat ini tengah menjadi pemimpin di pasar ponsel global, sebuah posisi yang sebelumnya dipegang Nokia. Pendapatan Samsung pun paling banyak disumbang dari unit bisnis ponsel pintar, terutama lini produk bersistem operasi Android.

Sebelumnya, perusahaan teknologi Huawei dan Intel lebih dulu membuka pusat penelitian dan pengembangan di Finlandia. Mereka berharap dapat melahirkan inovasi dari insinyur atau pemrogram perangkat lunak asal Finlandia. Banyak dari mereka yang sempat bekerja di Nokia dan perusahaan lainnya.

Kantor berita Reuters mencatat, Nokia selama beberapa tahun terakhir ini melakukan perampingan karyawan dan menjual aset demi penghematan. Perusahaan merumahkan ribuan karyawan serta menjual gedung perkantoran di Espoo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.