Kompas.com - 18/06/2013, 13:31 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat

oik yusuf/ kompas.comAsus Padfone 2

KOMPAS.com - Asus Indonesia telah mencapai posisi kedua untuk pasar notebook di Indonesia. Untuk tablet, hal itu juga diharapkan bisa tercapai.

Dalam siaran persnya, Asus Indonesia mengutip laporan pasar dari IDC yang menyebutkan telah dipasarkannya 261 ribu unit notebook Asus di Indonesia pada kuartal pertama 2013.

Hal itu disebut menempatkan Asus di posisi kedua dengan pangsa pasar 26,7 persen. Terpaut sekitar dua persen dari pemimpin pasar.

Asus pun mengutip data IDC untuk pasar tablet Android global. Di dunia, pada kuartal pertama 2013, Asus disebut telah mencapai posisi kedua.

“Kami yakin jika bisa meraih posisi nomor dua di dunia, juga bisa menjadi nomor dua di Indonesia untuk pasar tablet android,” kata Juliana Cen, Manager of Product Management and Marketing.
Saat ini, Asus memiliki beberapa jenis produk tablet maupun yang mendekati (phablet, hybrid dll.). Salah satunya, MeMo Pad HD 7 yang diperkenalkan dalam ajang Computex 2013.

Ada dua versi perangkat yang akan dijual oleh Asus. Versi pertama memiliki media penyimpanan internal berkapasitas 32GB yang dijual dengan harga 150 dollar AS atau sekitar Rp 1,5 juta.

Asus juga menyiapkan versi yang lebih terjangkau lagi, yaitu 8GB dengan harga 130 dollar AS atau sekitar Rp 1,3 juta. Versi yang satu ini dikabarkan hanya akan masuk ke pasar berkembang (emerging market), mungkin termasuk Indonesia.

Ini bukan pertama kalinya Asus meluncurkan tablet 7 inci dengan harga terjangkau. Sebelumnya, perusahaan yang berpusat di Taiwan tersebut bekerjasama dengan Google dalam menghasilkan Nexus 7. Perangkat versi 16GB WiFi Only dijual dengan harga 199 dollar AS.

Asus juga pernah meluncurkan 'saudara' dari produk baru ini, yaitu MeMo Pad 7. Produk yang satu ini sudah beredar di Indonesia dengan harga Rp 1,5 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.