Android Loyo di Kandang BlackBerry

Kompas.com - 18/06/2013, 14:37 WIB
EditorReza Wahyudi

(Wicak Hidayat/KompasTekno) BlackBerry Q10

KOMPAS.com - Android memang mampu menjadi raja sistem operasi mobile secara global. Namun, produk buatan Google ini ternyata masih kalah dari sistem operasi BlackBerry di beberapa negara.

Di rumah BlackBerry, Kanada, Android hanya menduduki posisi ketiga sistem operasi mobile terpopuler, sedangkan BlackBerry ada di satu posisi di atasnya.

Menurut data terbaru yang dilansir oleh StatCounter, Android hanya mampu menguasai 22 persen pangsa pasar. BlackBerry mampu unggul tipis dari Android dengan menguasai 27 persen pasaran sistem operasi mobile.

Seperti dikutip dari Phone Arena, Selasa (18/6/2013), produk penguasa di Kanada adalah iOS. Sistem operasi buatan Apple ini menguasai 48 persen pasaran, sebuah angka yang masih cukup jauh untuk dikejar kembali oleh BlackBerry.

Kemungkinan besar, meningkatnya kembali popularitas sistem operasi BlackBerry di Kanada lebih banyak disebabkan oleh peluncuran smartphone Z10 dan Q10 di paruh awal tahun 2013 ini.

Tidak hanya di Kanada, BlackBerry juga mampu mengalahkan Android di Afrika Selatan. Bahkan, BlackBerry mampu menjadi penguasa dengan memegang 40 persen pangsa pasar. Di posisi kedua, ada Series 40, sistem operasi yang mempersenjatai feature phone seri Asha besutan Nokia, dengan 18 persen. Sedangkan Android hanya mampu menguasai 14 persen dengan menduduki posisi ketiga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

blackberry-stats-620x400



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.