Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei Bantah Mau Beli Nokia

Kompas.com - 19/06/2013, 11:39 WIB

Dokumentasi Nokia Indonesia Stan pameran Nokia di Indonesia Cellular Show 2013

KOMPAS.com — Kepala Bisnis Produk Konsumen Huawei Richard Yu, beberapa hari lalu, mengatakan kepada Financial Times bahwa perusahaannya berniat mengakuisisi Nokia. Namun, kabar ini dibantah oleh petinggi Huawei lainnya.

Seperti dikutip dari Reuters, Selasa (18/6/2013), produsen perangkat telekomunikasi asal China ini mengatakan, "Tidak memiliki rencana untuk mengakuisisi Nokia." Bantahan ini dilontarkan oleh Wakil Presiden Urusan Eksternal Huawei Bill Plummer.

Nokia sendiri enggan mengomentari isu itu.

Padahal, sebelumnya, Richard Yu mengatakan bahwa Huawei sedang mempertimbangkan untuk mengakuisisi Nokia. "Mungkin kombinasi memiliki beberapa sinergi. Namun, itu tergantung pada kesediaan Nokia. Kami berpikiran terbuka," ujar Yu.

Ia pun mengomentari bahwa sistem operasi Windows Phone yang dipakai pada jajaran produk Nokia Lumia masih memiliki pangsa pasar yang kecil secara global.

Berdasarkan data lembaga riset Gartner, Huawei menjadi produsen ponsel terbesar keempat di dunia pada kuartal pertama 2013, setelah Samsung, Apple, dan LG. Huawei berhasil menjual 9 juta ponsel, yang sebagian besar terjual di China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com