Intel "Haswell-E" Usung 8 Inti Prosesor?

Kompas.com - 19/06/2013, 13:32 WIB
EditorReza Wahyudi

wccftech.com

KOMPAS.com Hingga saat ini, prosesor PC desktop Intel paling banyak memiliki 6 inti pemroses data (12 thread), seperti pada seri CPU "ekstrem" Sandy Bridge-E.

Pada kuartal kedua tahun 2014 mendatang, produsen prosesor tersebut disinyalir bakal merilis CPU PC desktop 8-core pertamanya dalam bentuk "Haswell-E".

Itulah yang terungkap dari bocoran sejumlah slide Intel dalam berita lansiran VR-Zone. Menurut situs teknologi tersebut, Haswell-E akan ditawarkan dalam versi 6 dan 8 inti, dengan jumlah cache level 3 mencapai 20 MB.

 

VR-Zone

Jumlah inti yang lebih banyak dua buah dari pendahulunya itu memungkinkan jumlah logical thread Haswell-E ditingkatkan menjadi 16 (8 x 2 dengan Hyper Threading). Prosesor ini pun disebut bisa berlari 33-55 persen lebih kencang.

Spesifikasi lain termasuk kisaran TDP di angka 130-140 Watt, proses fabrikasi 22 nm, dan dukungan memori 4-channel DDR4 hingga 2.133 MHz.

Prosesor ini akan dipasangkan dengan chipset keluarga Wellsburg (soket LGA 2011) yang mendukung sejumlah interface berkecepatan tinggi seperti port USB 3.0 (6 buah), SATA 6 Gbps (10 buah), dan PCI-express 3.0 hingga 40 jalur.

VR-Zone

Akhiran huruf "E" pada Haswell-E menunjukkan statusnya sebagai CPU desktop teratas dalam hierarki produk Intel (Extreme Edition). Seri prosesor ini biasanya memakai jenis soket dan motherboard yang berbeda dibandingkan CPU mainstream.

Haswell-E sendiri disebutkan bakal mengusung soket dengan jumlah pin yang sama seperti pendahulunya (2011), tetapi susunan pin konektor tersebut akan diubah sehingga tidak kompatibel dengan motherboard seri high-end terdahulu.

Sebelum Haswell-E, Intel akan lebih dulu merilis seri prosesor Ivy Bridge-E pada paruh kedua tahun ini. Tak seperti Haswell-E, Ivy Bridge-E bisa ditancapkan di motherboard LGA 2011 dengan chipset X79.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X