Facebook Punya 1 Juta Pengiklan Aktif

Kompas.com - 19/06/2013, 16:42 WIB
EditorReza Wahyudi

Istimewa Facebook

KOMPAS.com - Facebook mengakui layananya telah memiliki 1 juta pengiklan aktif secara global dalam 28 hari terakhir. Sebagian besar pengiklan merupakan pelaku bisnis usaha kecil yang berusaha memasarkan produk dan jasanya.

Facebook berharap dapat menjaring lebih banyak pengiklan untuk menambah pendapatan, dengan tetap memberi akses gratis kepada mereka yang ingin membuat halaman. Jejaring sosial internet terbesar di dunia ini mengincar pebisnis kecil dari berbagai negara.

"Kebanyakan pemilik bisnis kecil mulanya memakai layanan Facebook, lalu bermigrasi menjadi pemilik halaman, dan bermigrasi lagi menjadi pengiklan," ujar Direktur Usaha Kecil Facebook Dan Levy, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (18/6/2013).

Secara keseluruhan, iklan memberi kontribusi 85 persen dari total pendapatan Facebook. Perusahaan menjalin kerjasama dengan biro iklan digital.

Pada kuartal pertama 2013, Facebook meraih pendapatan sebesar 1,46 miliar dollar AS. Pendapatan iklan pada kuartal tersebut naik 43 persen.

Menurut analis Brian Wieser dari lembaga riset Pivotal Research Group, Facebook sukses mempercepat pertumbuhan pendapatan sejak meluncurkan layanan iklan baru yang ditargetkan untuk usaha kecil pada pertengahan 2012.

Kim Caulfield dari California, yang memiliki usaha aksesori dari rambut kuda, mendapat lebih banyak pelanggan sejak beriklan di Facebook. Ia menghabiskan sekitar 25 dollar AS per hari untuk beriklan di Facebook, dengan target 5 juta orang atau penggemar kuda mengunjungi halamannya di Facebook.

"Kita dapat mengundang lebih banyak teman, walaupun kebanyakan dari mereka tidak memiliki kuda," ujarnya

Perusahaan riset BIA Kesley, sempat melakukan survei terhadap pengguna dan pengiklan Facebook di Amerika Serikat. Hasil survei mencatat, lebih dari 50 persen pebisnis usaha kecil memanfaatkan halaman Facebook untuk mempromosikan produk atau jasanya, namun hanya 16 persen yang beriklan di Facebook. 



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X