Kompas.com - 20/06/2013, 09:56 WIB
EditorReza Wahyudi

Engadget Xbox One beserta controller hadir dalam desain baru

KOMPAS.com — Microsoft telah membuat sebuah keputusan penting terkait konsol gaming terbarunya, Xbox One. Berdasarkan berbagai kritikan yang diterimanya, Microsoft akhirnya mengubah peraturan yang mengharuskan pengguna online setidaknya sekali dalam 24 jam.

Artinya, konsol tidak harus online sekali dalam 24 jam. Xbox One hanya membutuhkan koneksi internet saat pengaturan (set-up) untuk pertama kalinya saja.

Sekadar informasi, dari peraturan sebelumnya, pengguna harus menghubungkan Xbox One setidaknya sekali dalam 24 jam. Pengecekan ini dilakukan untuk verifikasi konsol dan game yang akan dimainkan.

Dalam blog resmi Xbox, Don Mattrick, President Interactive Entertainment Business Microsoft, juga mengungkapkan, disc game Xbox One akan berfungsi sama seperti di Xbox 360. Tidak ada batasan untuk meminjamkan atau menjual kembali game second/bekas.

"Tidak ada batasan untuk menggunakan atau berbagi game. Ini akan bekerja sama seperti pada Xbox 360," tulis Mattrick.

Maksud dari "sama dengan Xbox 360" adalah pengguna harus memasukkan disc ke dalam tray selama permainan berlangsung. Sebelumnya, Microsoft mengizinkan penggunanya untuk meng-install game ke dalam hard disk. Dengan cara ini, pengguna dapat memainkan game langsung melalui hard disk, tanpa lagi membutuhkan disc.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikutip dari The Verge, Kamis (20/6/2013), Microsoft juga mencabut peraturan region lock. Artinya, setiap disc dari region apa pun dapat dimainkan di konsol Xbox One mana pun.

Dengan dicabutnya beberapa peraturan yang dianggap "mengganggu" ini, peperangan konsol masa depan antara Microsoft dan Sony tampaknya baru akan dimulai. Siapa yang akan menjadi pemenang? Kita tunggu saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.