Kompas.com - 21/06/2013, 01:59 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

LONDON, KOMPAS.com - Kebanyakan kamera DSLR akan mengutamakan gambar bermutu tinggi, namun lemah dalam hal konektivitas. Sedangkan kebanyakan kamera dalam smartphone memiliki kelemahan dalam kualitas gambar, namun foto tangkapannya lebih mudah dibagikan atau dikirim ke perangkat lain.

Mengambil keunggulan masing-masing perangkat, Samsung menghadirkan Galaxy NX, kamera mirrorless berbasis Android yang mampu mengambil gambar berkualitas tinggi sekaligus kelengkapan konektivitas mutakhir. Kamera yang sudah menjadi pembicaraan sebelum muncul ini diperkenalkan secara resmi dalam acara Samsung Premiere di london, Kamis (20/6/2013).

Samsung_Galaxy_NX2
(Foto: Wisnubrata/ Kompas.com)

"Galaxy NX adalah kamera pertama dengan lensa yang bisa diganti-ganti (interchangeable) yang menggunakan sistem operasi Android," ujar Wakil Presiden Samsung Electronics Eropa Daniel Ayme dalam acara pengumuman bertajuk Samsung Premiere 2013.

Mengusung sistem operasi Android Jelly Bean (versi 4.2), Galaxy NX diperkuat prosesor quad-core 1,6 GHz "Pega-Q". Kamera ini memiliki lensa yang bisa dicopot, layaknya kamera mirrorless. Sejauh ini ada 13 pilihan lensa yang bisa dipasangkan dengan perangkat tersebut sesuai kebutuhan.

Berbentuk seperti kamera DSLR ramping, Galaxy NX dilengkapi layar sentuh selebar 4,8 inci di bagian belakangnya yang menampilkan berbagai menu Android. Rangkaian menu ini tidak diakses melalui tombol-tombol mekanik di kamera, melainkan lewat tampilan grafis di layar sehingga bagian belakang Galaxy NX tampak bersih dari tombol.

Fitur lainnya termasuk sensor APS-C dengan resolusi 20 megapixel, sistem autofokus "hybrid" (contrast detect ditambah phase detect AF), dan viewfinder elektronik atau EVF yang ditempatkan di bagian "punuk" kamera.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun urusan transfer data bisa dilakukan lewat konektivitas LTE/ 3G, WiFi IEEE 802.11a/b/g/n, dan Bluetooth 4.0. Galaxy NX pun turut dibekali RAM 2GB dan memori internal 16GB yang bisa diekspansi dengan slot micro-SD hingga 64GB.

Saat dipegang, body kamera ini terasa seperti body DSLR, hanya lebih ramping dan ringan. Pilihan lensanya pun beragam mulai dari zoom, wide, makro, fish eye,dan lain-lain yang mudah dicopot dan dipasang. Di samping lampu kilat yang menjadi satu dengan kamera, Galaxy NX juga dilengkapi dudukan lampu flash tambahan.

Kamera mirrorless ini dilengkapi fitur Smart Mode bagi pengguna yang tidak mau pusing dengan pengaturan manual. Ada 30 setting mode yang memudahkan pengguna menghasilkan foto terbaik pada situasi tertentu, seperti mode drama, multi exposure, night, macro, indoor, dan lainnya.

Samsung_Galaxy_NX3
(Foto: Wisnubrata/ Kompas.com)

Selain itu juga disertakan fitur photo suggest yang bisa menghubungkan pengguna dengan koleksi foto karya orang lain terhadap suatu obyek, sehingga pengguna bisa meniru atau mendapatkan ide dari karya-karya tersebut.

Menggunakan Galaxy NX pengguna bisa menghasilkan foto-foto berkualitas DSLR, namun tidak kesulitan dalam mengedit atau mengirimkannya karena dukungan sistem operasi Android pada perangkat ini. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.