Kompas.com - 21/06/2013, 13:25 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Qualcomm


KOMPAS.com - Secepat apa prosesor Snapdragon 800 yang menjadi andalan baru Qualcomm di dunia gadget mobile? Dalam sebuah acara di San Francisco beberapa hari lalu, produsen chip ini memberi kesempatan bagi sejumlah jurnalis untuk menjalankan benchmark di perangkat development tablet yang menggunakan Snapdragon 800.

Hasilnya? Seperti dikutip oleh Ars Technica dari Anandtech yang datang langsung ke lokasi, Snapdragon 800 ternyata memiliki kinerja pengolahan grafis yang sangat tinggi, mencapai dua kali lipat Snapdragon 600.

55614
(Gambar: AnandTech.com)

Hal tersebut tampak dari hasil uji benchmark menggunakan program 3D Mark Ice Storm untuk Android, di mana Snapdragon 800 mencetak skor akhir sebesar 21680.

Dari sisi performa CPU, Snapdragon 800 disebut tak jauh meningkat dari Snapdragon 600. Perbedaan kedua prosesor terletak pada empat core Krait 400 yang dipakai pada Snapdragon 800. Krait 400 memiliki cache level 2 yang lebih besar dan frekuensi kerja yang lebih tinggi (mencapai 2,3 GHz) dibanding core Krait 300 pada Snapdragon 600.

Jenis pengolah grafis yang dipakai pun berbeda. Qualcomm sendiri memang mengklaim bahwa graphics processor Adreno 330 yang tertanam pada Snapdragon 800 memiliki kinerja dua kali lipat Adreno 320 milik Snapdragon 600.

Snapdragon-800.002
(Gambar: ArsTechnica.com)

Menurut data pengujian yang dikompilasi oleh Ars Technica, Snapdragon 800 pun mampu berjalan lebih kencang dari kebanyakan kompetitornya saat ini, seperti Samsung Exynos pada Nexus 10 dan Apple A6X pada iPad 4. Tetapi performa CPU-nya sedikit tertinggal dari Nvidia Tegra 4.

Satu hal yang masih belum diketahui hingga sekarang adalah konsumsi daya Snapdragon 800. Qualcomm mengatakan chip tersebut seharusnya tak jauh berbeda dari Snapdragon 600 dalam hal ini.

 

Snapdragon-800.001
(Gambar: ArsTechnica.com)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.