Windows 8.1 Datang, Penjualan PC Bakal "Nendang"?

Kompas.com - 21/06/2013, 16:27 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Belum resmi diluncurkan, Windows 8.1 sudah mulai mendapatkan berita miring. Menurut seorang analis dari perusahaan Context, Marie-Christine Pygott, sistem operasi yang memiliki nama sandi "Blue" ini tidak akan menjadi penyelamat dunia PC tradisional dari "kiamat PC".

Istilah "kiamat PC" dipakai untuk menggambarkan menurunnya pangsa pasar PC yang tergerus keberadaan smartphone dan perangkat tablet.

Menurut Pygott, Windows 8 tidak mampu meningkatkan penjualan PC di kuartal 4 tahun 2012 dan kuartal pertama 2013. Windows 8.1 yang diharapkan dapat menggairahkan pasaran PC diprediksi juga tidak akan dapat berbicara banyak.

"Kita sudah tidak melihat efek yang diinginkan dari Windows 8 dan Windows 8.1 mungkin akan sedikit meningkatkan (penjualan PC) tetapi itu bukan "obat ajaib" untuk keseluruhan masalah karena menurunnya penjualan karena masalah ekonomi," kata Pygott, seperti dikutip dari The Register.

Rencananya, Windows 8.1 akan tersedia mulai 26 Juni 2013 dalam konferensi pengembang aplikasi Microsoft. Ia tersedia secara gratis untuk pengguna komputer Windows 8 yang prosesornya berarsitektur x86 ataupun komputer Windows RT dengan prosesor berasitektur ARM.

Sementara itu, versi penuh Windows 8.1 akan dirilis pada akhir tahun.

Dalam update untuk Windows 8 tersebut kabarnya Microsoft akan mengembalikan "tombol Start". Tombol ini akan berbentuk logo kecil Windows yang terletak di pojok kiri bawah layar desktop.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X