Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Windows 8.1 Datang, Penjualan PC Bakal "Nendang"?

Kompas.com - 21/06/2013, 16:27 WIB

KOMPAS.com - Belum resmi diluncurkan, Windows 8.1 sudah mulai mendapatkan berita miring. Menurut seorang analis dari perusahaan Context, Marie-Christine Pygott, sistem operasi yang memiliki nama sandi "Blue" ini tidak akan menjadi penyelamat dunia PC tradisional dari "kiamat PC".

Istilah "kiamat PC" dipakai untuk menggambarkan menurunnya pangsa pasar PC yang tergerus keberadaan smartphone dan perangkat tablet.

Menurut Pygott, Windows 8 tidak mampu meningkatkan penjualan PC di kuartal 4 tahun 2012 dan kuartal pertama 2013. Windows 8.1 yang diharapkan dapat menggairahkan pasaran PC diprediksi juga tidak akan dapat berbicara banyak.

"Kita sudah tidak melihat efek yang diinginkan dari Windows 8 dan Windows 8.1 mungkin akan sedikit meningkatkan (penjualan PC) tetapi itu bukan "obat ajaib" untuk keseluruhan masalah karena menurunnya penjualan karena masalah ekonomi," kata Pygott, seperti dikutip dari The Register.

Rencananya, Windows 8.1 akan tersedia mulai 26 Juni 2013 dalam konferensi pengembang aplikasi Microsoft. Ia tersedia secara gratis untuk pengguna komputer Windows 8 yang prosesornya berarsitektur x86 ataupun komputer Windows RT dengan prosesor berasitektur ARM.

Sementara itu, versi penuh Windows 8.1 akan dirilis pada akhir tahun.

Dalam update untuk Windows 8 tersebut kabarnya Microsoft akan mengembalikan "tombol Start". Tombol ini akan berbentuk logo kecil Windows yang terletak di pojok kiri bawah layar desktop.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com