Ponsel Samsung Bakal "Dibenci" Pencuri

Kompas.com - 22/06/2013, 16:21 WIB
EditorReza Wahyudi

Aditya Panji/KompasTekno Samsung Galaxy S4

KOMPAS.com - Berada di bawah tekanan untuk meningkatkan keamanan smartphone, Samsung berjanji bakal segera merilis teknologi "anti-maling" untuk produk-produknya. Hal ini diungkapkan eksekutif Samsung dalam pertemuan tertutup dengan  Jaksa Distrik San Franciso George Gascon dan Jaksa Agung New York Eric Schneiderman.

Seperti dilaporkan oleh Huffington Post, teknolgi tersebut bekerja dengan mengendalikan perangkat dari jarak jauh. Apabila smartphone dicuri, pemilik bisa mengunci ponsel yang bersangkutan, menghapus data, atau mematikannya melalui Samsung atau operator seluler.

Begitu dimatikan, maka ponsel pintar tercuri tidak akan bisa dipakai sama sekali, bahkan jika dipasangi kartu SIM baru atau coba di-hack. Dengan demikian, diharapkan pelaku kejahatan tak akan berminat mencuri smartphone karena benda tersebut tidak bisa dijual kembali.

Menurut Gascon, fitur baru ini seharusnya akan mulai tersedia tanggal 1 Juli mendatang. Posisi Samsung sebagai salah satu pemimpin pasar diharapkan akan mendorong produsen lain mengimplementasikan teknologi serupa.

Beberapa hari lalu Apple telah lebih dulu memperkenalkan teknologi "anti-maling" untuk iPhone. Tapi ponsel pintar buatan perusahaan ini tetap bisa digunakan setelah dicuri dengan memasukkan "kode aktivasi" sehingga dipandang tidak akan mengurangi nilai jual perangkat. "Yang kami inginkan adalah sesuatu yang benar-benar mematikan smartphone," ujar Gascon minggu lalu.

Schneiderman, yang bermitra dengan Gascon dalam menekan para produsen smartphone agar menekan angka kejahatan, mengatakan bahwa dia memberi waktu hingga awal tahun depan bagi Apple, Samsung, Google, dan Microsoft untuk menerapkan teknologi "anti-maling" pada produk-produknya. 



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X