Kompas.com - 23/06/2013, 11:21 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Microsoft mengundang para hacker (peretas) untuk membobol Windows 8.1 dan Intenet Explorer 11. Apabila para peretas berhasil menemukan "kutu" alias bug dan lubang keamanan lainnya, Microsoft akan menghadiahkan uang tunai hingga 100.000 dollar AS atau sekitar Rp 1 miliar.

Total terdapat tiga kategori dalam sayembara ini. Masing-masing memiliki hadiah yang berbeda, yaitu 100.000 dollar AS, 50.000 dollar AS, dan yang terendah adalah 11.000 dollar AS. Ketiganya akan dimulai secara bersamaan pada 26 Juni 2013 mendatang. Dua kompetisi pertama akan berjalan terus-menerus, sedangkan kompetisi terakhir hanya berjalan 1 bulan saja.

Sayembara kategori pertama disebut sebagai "Mitigation Bypass Bounty". Dalam sayembara yang satu ini, Microsoft mencari "teknik eksploitasi keamanan yang benar-benar baru" terkait Windows 8.1 Preview. Jika berhasil menemukan apa yang diminta di kategori ini, si peserta akan mendapatkan hadiah uang tunai hingga 100.000 dollar AS.

Dalam situs resminya, Microsoft menyatakan, kategori ini diharapkan dapat memperlihatkan kelemahan Windows 8.1 sebelum nantinya akan dirilis secara resmi pada akhir tahun 2013.

Kategori kedua disebut "BlueHat Bonus for Defense". Kategori ini masih berkaitan erat dengan kategori pertama. Microsoft akan menghadiahkan uang 50.000 dollar AS bagi peserta yang mampu memberikan ide pertahanan untuk masalah kemanan yang ada di kategori Mitigation Bypass Bounty.

Kategori terakhir disebut Internet Explorer 11 Preview Bug Bounty. Microsoft akan menghadiahkan 11.000 dollar AS bagi peserta kompetisi yang menemukan celah keamanan di Internet Explorer 11 Preview pada versi terbaru Windows 8. Kompetisi ini hanya berjalan 1 bulan, yaitu dari 26 Juni hingga 26 Juli 2013.

Dikutip dari Slashgear, Minggu (23/6/2013), baik kategori pertama dan kedua, diperlukan lampiran laporan resmi (whitepaper) pada saat pengumpulan proyek. Jika ingin mendapatkan hadiah secara keseluruhan, diperlukan eksploitasi lengkap yang dapat dieksekusi dari jarak jauh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.