Kompas.com - 23/06/2013, 13:30 WIB
EditorReza Wahyudi

Instagram

KOMPAS.com - Layanan video di instagram yang diluncurkan Kamis (20/6/2013) kemarin ternyata segera populer di kalangan pengguna.

Seperti dilaporkan oleh TechCrunch, hanya dalam waktu 24 jam setelah layanan video resmi tersedia, sudah 5 juta video diunggah melalui aplikasi photo sharing populer tersebut.

Dalam 8 jam pertama saja, pengguna Instagram sudah mengunggah demikian banyak video sampai diperlukan waktu kira-kira setahun penuh untuk menonton semuanya.

Pengguna Instagram menunggah 40 jam video setiap menit selama puncak arus upload. Dengan asumsi setiap video diunggah oleh satu orang unique user Instagram, maka layanan video ini telah dicoba oleh 3,8 persen basis pengguna Instagram yang berjumlah 130 juta.

Layanan video Instagram memungkinkan pengguna mengunggah rekaman video berdurasi 15 detik, lebih panjang dari Vine, layanan serupa dari Twitter, yang menawarkan durasi 6 detik.

Instagram juga memberikan fasilitas editing dan 13 filter baru untuk dipakai di video.

Twitter bereaksi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menjelang kemunculan video Instagram, Twitter selaku pemilik Vine yang sudah lebih dulu menyediakan fasilitas upload video sejak tahun lalu segera bereaksi dengan memperbarui aplikasinya.

Mulai Jumat (21/6/2013) kemarin, aplikasi Vine untuk Android sudah bisa melakukan sharing langsung ke Facebook setelah sebelumnya hanya terbatas ke Twitter saja. Update lain termasuk fitur pencarian dengan hashtag atau mention nama pengguna.

Satu fitur yang masih belum pada aplikasi Vine versi Android adalah dukungan kamera depan smartphone untuk perekaman video. Kemampuan yang satu ini sudah dimiliki oleh Instagram.

Twitter menyatakan bahwa dukungan dua kamera (depan dan belakang), untuk aplikasi Vine di Android akan menyusul kemudian. Untuk sekarang, update Vine di toko aplikasi Google Play menjanjikan peningkatan kecepatan perekaman dan kualitas video. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.