"Pantulan" Samsung Galaxy Langgar Paten Apple

Kompas.com - 23/06/2013, 15:17 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Pengadilan Distrik Tokyo memutuskan Samsung melanggar paten milik Apple, Jumat (21/6/2013). Paten yang dimaksud kali ini merupakan fitur "bounce-back" pada perangkat lunak.

Bounce-back biasanya digunakan pada email atau dokumen digital lainnya. Ia membuat tampilan seakan memantul jika pengguna menggulirkan layar hingga mentok.

Teknologi ini digunakan Samsung pada sistem operasi Android yang telah dimodifikasi di ponsel dan tablet Galaxy model lawas. Namun saat ini, Samsung tak menggunakannya lagi, diganti dengan cahaya biru yang muncul jika guliran layar sudah mentok.

Seperti dikutip dari Reuters, Samsung menyatakan pihaknya akan mempelajari putusan dan tak menutup kemungkinan bakal mengajukan banding.

Jika Pengadilan Distrik Tokyo menilai Samsung melanggar bounce-back, maka lain ceritanya di Amerika Serikat. Kantor Pengadilan dan Merek Dagang Amerika Serikat pada April 2013 lalu menyatakan Samsung tidak melanggar paten bounce-back milik Apple. Sehingga, ponsel dan tablet Samsung Galaxy yang memakai fitur bounce-back masih beredar di pasar AS.

Perseteruan antara Apple dan Samsung berlangsung sejak 2011, dan berlangsung di 9 negara termasuk Amerika Serikat, Jepang, Perancis, Inggris, Jerman, Korea Selata, dan Australia.

Puncaknya, tahun 2012 lalu, Apple berhasil memenangi kasus sengketa paten dan diputuskan berhak menerima ganti rugi sebesar 1,05 miliar dollar AS atau Rp 9 triliun. Meski demikian, Samsung sepertinya belum menyerah. Hasilnya, pertikaian pun nampak belum akan berakhir dalam waktu dekat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga:
Cerita di Balik Perseteruan Apple dan Samsung
"Tanpa Samsung, Mustahil Apple Bisa Bikin iPhone"
Apple Beberkan Usaha Samsung Meniru iPhone
Ini Dia Produk-produk Apple dengan "Jeroan" Samsung
Bunga Matahari Jadi Bukti Kuat Samsung Jiplak Apple?
Google Tegur Samsung agar Tak Contek iPhone dan iPad

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Perseteruan Apple - Samsung

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.