Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Kamera "Retro" Fujifilm Berikutnya?

Kompas.com - 24/06/2013, 11:55 WIB

digicame-info.com

KOMPAS.com  Fujifilm belakangan naik daun di dunia fotografi digital melalui serangkaian produk kamera mirrorless dan compact bergaya retro seperti X100s, X-Pro1, dan X20.

Nah, kalau bocoran gambar-gambar yang beredar di internet ini benar, produsen tersebut agaknya sedang berancang-ancang merilis satu lagi kamera berpenampilan "jadul".

Dikutip dari Gizmodo, bocoran gambar memperlihatkan sebuah kamera dengan badge model "X-M1". Bentuknya mirip dengan model terdahulu, X-E1, kecuali kamera baru dalam foto-foto ini tak dilengkapi dengan jendela bidik (EVF). Sebagai gantinya, X-M1 memiliki layar fleksibel model Titling Screen yang bisa ditekuk ke atas-bawah.

Kamera ini juga memiliki beberapa perbedaan dari mirrorless X-series lainnya dari Fujifilm, di antaranya shutter speed dial di panel atas yang diganti dengan exposure mode dial konvensional. Bagian atas juga memperlihatkan logo "Wi-Fi" yang kemungkinan menunjukkan dukungan konektivitas tersebut.

 

digicame-info.com

X-M1 disinyalir merupakan model mirrorless entry-level dengan kisaran harga body-only sekitar 600 dollar AS atau 6 juta rupiah. Diperkirakan ia juga akan mengusung sensor APS-C X-Trans 16 megapiksel seperti yang terdapat pada X-E1 dan X-Pro1.

Dalam gambar, X-M1 tampak dipasangkan dengan lensa 16-50 f/3.5-5.6 yang merupakan alternatif lebih terjangkau dari lensa 18-55 f2.8-4.0 dalam roadmap Fujifilm. Ada pula lensa pancake 27mm f/2.8.

Selain hal-hal yang disebut di atas, belum banyak informasi tambahan yang diketahui mengenai kamera ini. Fujifilm diperkirakan bakal mengumumkan kehadiran X-M1 secara resmi menjelang akhir bulan Juni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com