Inikah Kamera "Retro" Fujifilm Berikutnya?

Kompas.com - 24/06/2013, 11:55 WIB
EditorReza Wahyudi

digicame-info.com

KOMPAS.com  Fujifilm belakangan naik daun di dunia fotografi digital melalui serangkaian produk kamera mirrorless dan compact bergaya retro seperti X100s, X-Pro1, dan X20.

Nah, kalau bocoran gambar-gambar yang beredar di internet ini benar, produsen tersebut agaknya sedang berancang-ancang merilis satu lagi kamera berpenampilan "jadul".

Dikutip dari Gizmodo, bocoran gambar memperlihatkan sebuah kamera dengan badge model "X-M1". Bentuknya mirip dengan model terdahulu, X-E1, kecuali kamera baru dalam foto-foto ini tak dilengkapi dengan jendela bidik (EVF). Sebagai gantinya, X-M1 memiliki layar fleksibel model Titling Screen yang bisa ditekuk ke atas-bawah.

Kamera ini juga memiliki beberapa perbedaan dari mirrorless X-series lainnya dari Fujifilm, di antaranya shutter speed dial di panel atas yang diganti dengan exposure mode dial konvensional. Bagian atas juga memperlihatkan logo "Wi-Fi" yang kemungkinan menunjukkan dukungan konektivitas tersebut.

 

digicame-info.com

X-M1 disinyalir merupakan model mirrorless entry-level dengan kisaran harga body-only sekitar 600 dollar AS atau 6 juta rupiah. Diperkirakan ia juga akan mengusung sensor APS-C X-Trans 16 megapiksel seperti yang terdapat pada X-E1 dan X-Pro1.

Dalam gambar, X-M1 tampak dipasangkan dengan lensa 16-50 f/3.5-5.6 yang merupakan alternatif lebih terjangkau dari lensa 18-55 f2.8-4.0 dalam roadmap Fujifilm. Ada pula lensa pancake 27mm f/2.8.

Selain hal-hal yang disebut di atas, belum banyak informasi tambahan yang diketahui mengenai kamera ini. Fujifilm diperkirakan bakal mengumumkan kehadiran X-M1 secara resmi menjelang akhir bulan Juni.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.