Samsung Sanggah Mau Keluar dari Bisnis PC

Kompas.com - 25/06/2013, 13:58 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
The Next Web

KOMPAS.com - Samsung telah menyanggah rumor yang menyatakan bahwa mereka akan menutup divisi bisnis desktop PC tradisional.

"Rumor bahwa Samsung akan menarik diri dari bisnis desktop PC tidak berdasar. Samsung akan tetap terus menawarkan product PC yang berbeda tergantung dari kebutuhan konsumen dan pasar," ujar Samsung, seperti dikutip dari The Next Web, Selasa (25/6/2013).

Seperti diberitakan sebelumnya,  beredar kabar mengenai keputusan Samsung menutup divisi tersebut. Keputusan ini diambil karena industri desktop PC yang terus menurun.

Menurut laporan harian Korea Times, Samsung akan mengalihkan sumber daya mereka ke perangkat yang lebih "populer". Perusahaan asal Korea Selatan ini akan "menumpuk" tim pengembang teknologi dan riset untuk perangkat tablet dan produk PC yang lebih modern, seperti all-in-one laptop.

Pemerintah Korea Selatan sendiri, kepada pihak Samsung baru-baru ini, menyatakan, bisnis desktop PC merupakan "industri yang cocok untuk perusahaan yang lebih kecil" dari tahun 2015 mendatang.

Pasar desktop PC sendiri sebenarnya memang sedang dalam kondisi lesu. Menurut IDC, pengiriman PC di kuartal 1 2013, total terdapat 76,3 juta perangkat PC yang dikapalkan secara global, menurun 13,9 persen dari kuartal yang sama pada tahun 2012.

Pada saat yang bersamaan, pasaran tablet justru meningkat tajam. IDC mengungkapkan, peningkatan produk jenis ini mencapai 142,5 persen secara per tahun di kuartal pertama 2013. Samsung sendiri mencetak peningkatan yang cukup signifikan di industri tablet, yaitu sekitar 17,9 persen.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X