Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mozilla Rilis Firefox versi 22

Kompas.com - 26/06/2013, 20:55 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Mozilla merilis versi baru aplikasi peramban (browser) Firefox versi 22 untuk PC. Di versi baru ini, Mozilla menambah dukungan terhadap 3D gaming, video call, dan juga berbagi file.

Dikutip dari The Next Web, Kamis (27/6/2013), kini Firefox telah mendukung bahasa program asm.js. Bahasa koding ini bukanlah bahasa yang benar-benar baru, melainkan pengembangan dari JavaScript.

Dengan adanya dukungan terhadap bahasa program ini, permainan game 3D dan layanan proses foto dapat langsung digunakan melalui situs web.

Salah satu kemampuan baru yang dimilikinya adalah Web Real-Time Communications (WebRTC). Dengan kemampuan ini, pengembang dapat membuat sebuah aplikasi browser yang mengizinkan penggunanya untuk melakukan video call langsung dari peramban. Aplikasi ini tidak membutuhkan plug-in pihak ketiga untuk berjalan.

Selain komunikasi suara tau video, WebRTC juga bisa digunakan untuk berbagi data, misalnya untuk berbagi foto atau dokumen.

WebRTC sendiri sebenarnya sudah mulai diperkenalkan di Firefox 18 versi beta, sebagai dukungan teknologi tambahan. Bulan lalu, versi beta dari Firefox 21 diperkenalkan dan langsung dilengkapi dengan WebRTC secara default.

Saat ini, Firefox 22 sudah tersedia untuk Windows, Mac OS X, Linux, dan perangkat mobile berbasis Android.

Firefox 22 versi mobile untuk sementara belum mendukung fitur WebRTC dan asm.js. Namun, perangkat tablet berukuran kecil akan menerima dukungan tampilan seperti tablet berukuran besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com