Kompas.com - 27/06/2013, 10:19 WIB
Logo Windows 8. Logo Windows 8.
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Microsoft tampaknya benar-benar mendengar berbagai keluhan terkait cara interaksi dengan pendahulunya, Windows 8. Hal tersebut terlihat dengan berbagai perubahan pada sistem operasi (OS) terbaru Microsoft ini.

Perubahan yang terjadi sebenarnya hanyalah minor, tetapi perubahan tersebut tampaknya mampu mengembalikan rasa nyaman penggunaan yang sempat menghilang di Windows 8.

Salah satu perubahan yang mungkin paling ditunggu adalah tombol Start. Ya, Microsoft akhirnya mengembalikan tombol yang sempat menghilang dari Windows 8. Tombol "baru" ini sebenarnya hanya menampilkan layar Start ala metro ketika di-klik. Bila diinginkan, pengguna bisa membuat Start Screen menampilkan menu "all apps" untuk mengembalikan cara kerja tombol Start tradisional.

Pengguna juga bisa klik kanan di tombol Start ini untuk melihat beberapa menu lain, seperti Task Manager, Control Panel, Search, dan Run. Bahkan, pengguna bisa mematikan PC melalui menu Shut Down langsung melalui menu tersebut.

Pengguna pun bisa mengatur agar layar desktop dan Start menggunakan wallpaper yang sama. Fitur ini membuat pengguna tidak akan terlalu kebingungan apabila ingin berpindah dari desktop ke Start Screen.

Layar lock screen pun tak luput dari perubahan. Kini pengguna bisa memasang slideshow foto, menerima panggilan Skype, dan mengakses kamera langsung dari  layar tersebut.

Berikut beberapa screenshot Windows 8.1.

The Verge Lock Screen Windows 8.1
The Verge Start Screen Windows 8.1
The Verge Tampilan desktop dengan tombol Start di Windows 8.1
The Verge Jika klik kanan di tombol Start, maka akan keluar beberapa menu
The Verge Aplikasi alarm di Windows 8.1
The Verge
Tampilan All Apps di Windows 8.1

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.