Windows 8.1 Tiru Langkah Retina Display

Kompas.com - 27/06/2013, 13:45 WIB
Tampilan Start Screen Windows 8.1 PC MagazineTampilan Start Screen Windows 8.1
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Saat ini sudah mulai banyak bermunculan perangkat Windows 8 yang dibekali layar dengan resolusi tinggi, contohnya termasuk Surface Pro, Lenovo ThinkPad Helix, Toshiba Kirabook, dan Dell XPS 12.

Tapi kesemua produk tersebut menghadapi masalah yang sama. Tampilan user interface (GUI) Windows terlihat terlalu kecil karena resolusi yang tinggi. Teks pada layar menjadi sulit dibaca, icon pada layar sentuh pun tak mudah disentuh.

Nah, dengan update Windows 8.1, Microsoft hendak mengatasi kendala ini dengan mengikuti strategi Apple yang menerapkan Retina Display di iPad, iPhone, dan MacBook Pro.

Caranya, menurut direktur tim Windows User Experience Jensen Harris yang dikutip oleh The Verge, adalah dengan melakukan scaling interface Windows 8 hingga 200 persen. Angka tersebut lebih besar dari jumlah 150 persen yang sebelumnya dimungkinkan oleh sistem operasi Windows.

Update ini pun berlaku untuk dua lingkungan pada Windows 8: "Metro" dan desktop. Microsoft akan menggulirkan update untuk Windows Explorer dan aplikasi-aplikasi yang dibuatnya agar mereka bisa menampilkan GUI yang tampil tajam dan berukuran besar.

Seperti yang juga dihadapi Apple dalam proses adopsi Retina Display, Harris mengatakan bahwa akan ada masa transisi sebelum developer aplikasi Windows bisa mengikuti aturan main baru terkait scaling GUI ini.

Seperti Mac OS X besutan Apple, Windows 8.1 pun memungkinkan scaling layar secara independen dalam skenario penggunaan multi-monitor, tak seperti Windows terdahulu yang "memaksakan" pengaturan scaling dari monitor utama ke semua layar sekunder.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.