Kompas.com - 27/06/2013, 17:08 WIB
Start Screen Windows 8.1 The VergeStart Screen Windows 8.1
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Microsoft melakukan begitu banyak perubahan di sistem operasi (OS) terbarunya, Windows 8.1. Hal tersebut dilakukan sebagai jawaban atas berbagai keluhan terkait OS generasi pendahulunya.

Perubahan yang terjadi sebenarnya hanyalah minor. Microsoft tampak memperbaiki gangguan-gangguan kecil yang dianggap dapat menghilangkan rasa nyaman pengguna OS tersebut.

Dari segi tampilan pun, Microsoft tidak melakukan perubahan secara signifikan. Pengguna tetap dapat menemukan tampilan Metro di OS yang memiliki nama kode "Blue" tersebut.

Berikut ini, beberapa perubahan dan penambahan fitur yang ada di Windows 8.1

Kembalinya tombol Start

Sebelum Windows 8 diluncurkan, para pengguna dapat dengan mudah membuka aplikasi, mencari fitur Control Panel, hingga mematikan PC. Hal tersebut disebabkan semua fitur dijejali oleh Microsoft ke dalam sebuah tombol, yaitu Start.

Maka, tidak heran apabila pengguna lama Windows kesulitan setelah menyadari bahwa Windows 8 sudah tidak lagi hadir dengan tombol Start. Untuk melihat aplikasi yang ada, pengguna harus masuk ke tampilan Metro, sedangkan tombol menu Control Panel dan tombol Shutdown disatukan ke sebuah tempat yang dinamakan Charm Bar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah banyak menerima keluhan terkait tombol ini, Microsoft akhirnya mengembalikan tombol "Start" tersebut ke Windows 8.1. Namun, fungsinya sedikit berbeda dibandingkan dengan OS generasi sebelumnya. Tombol "baru" ini sebenarnya hanya menampilkan Start Screen ala Metro ketika diklik.

Tidak ingin menampilkan tampilan Metro ketika tombol ini diklik? Dengan sebuah pengaturan, pengguna dapat mengubah tampilan menjadi "All Apps" untuk mengembalikan cara kerja tombol Start tradisional.

Pengguna pun bisa mengakses beberapa menu lain, seperti Task Manager, Control Panel, Search, dan Run. Caranya adalah dengan mengklik kanan tombol Start, secara otomatis menu-menu tersebut akan ditampilkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.