Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Bukan Lagi Perusahaan TI Paling Bernilai

Kompas.com - 28/06/2013, 09:36 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com — Saham Google berangsur naik. Minggu lalu, The Wall Street Journal melaporkan bahwa perusahaan ini minggu lalu telah berhasil "mengalahkan" Apple sebagai perusahaan teknologi paling bernilai di dunia, bukan dalam hal nilai total kapitalisasi pasar, melainkan nilai perusahaan dikurangi jumlah uang tunai (cash) yang dimiliki kedua raksasa bisnis teknologi informasi (TI) itu.

Nilai kapitalisasi pasar Apple berada pada kisaran 378 miliar dollar AS, lebih besar dari Google yang dipatok di angka sekitar 286 miliar dollar AS.

Akan tetapi, ketika nilai kapitalisasi pasar dua perusahaan tersebut dikurangi dengan jumlah kas bersih masing-masing (145 miliar dollar AS untuk Apple dan 45 miliar dollar AS untuk Google), terlihat bahwa Google memiliki nilai perusahaan yang lebih besar dari Apple, yaitu 241 miliar dollar AS berbanding 233 miliar dollar AS.

Angka tersebut mencerminkan nilai dasar dari kegiatan bisnis kedua perusahaan. Rolfe Winkler dari The Wall Street Journal mengibaratkan ini dengan pembelian rumah seharga, katakanlah, Rp 500 juta. Ketika si pembeli menemukan uang Rp 200 juta tersembunyi di dalam, rumah itu bisa dianggap bernilai Rp 300 juta.

Apple baru-baru ini juga menyerahkan titel "perusahaan terbesar di dunia" kepada Exxon Mobil. Tetapi, naiknya nilai Google sebagai perusahaan sekaligus menunjukkan keberhasilan rival besar Apple itu di bidang teknologi.

The Wall Street Journal Grafik nilai perusahaan Apple dan Google
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com