Fitur "Geleng" iOS 7 Mirip Galaxy S4

Kompas.com - 28/06/2013, 13:33 WIB
Ilustrasi sistem operasi iOS7 AppleIlustrasi sistem operasi iOS7
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Gerakan anggota tubuh seperti kepala dan mata bisa dipakai untuk mengendalikan gagdet. Contoh terkenal yang menerapkan fitur ini adalah smarpthone Galaxy S4 dari Samsung.

Nah, Apple agaknya juga tertarik mengimplementasikan fungsionalitas serupa pada gadget mobile bikinannya. Seperti dikutip dari 9to5mac, fitur pengendalian dengan gerakan kepala ditambahkan ke versi beta terbaru dari sistem operasi mobile iOS 7 yang dirilis Senin (24/6/2013) lalu.

Dengan fitur ini, pengguna bisa menggelengkan kepala ke kiri dan kanan untuk melakukan hal-hal seperti kembali ke home screen, memilih aplikasi, dan mengatur volume suara.

Fungsionalitas tersebut disinyalir merupakan opsi accessibility yang bisa dihidupkan atau dimatikan. Opsi accessibility biasanya diperuntukkan bagi pengguna yang memiliki masalah pendengaran, pengelihatan, atau kendala fisik lainnya. Pilihan untuk memodifikasi fitur yang bersangkutan sesuai selera juga disediakan.

9to5mac melaporkan bahwa fitur input dengan gerakan kepala ini masih butuh banyak perbaikan. Masih belum jelas pula apabila Apple benar-benar berniat menyematkan kapabillitas tersebut pada iOS 7 versi final.

iOS7 sendiri merupakan sistem operasi mobile terbaru dari Apple yang kehadirannya diumumkan pada konferensi WWDC 2013 awal Juni lalu. Sistem operasi ini membawa perubahan besar dibanding pendahulunya, mencakup tampilan icon, penambahan Control Center, jendela khusus multi-tasking, update otomatis, hingga fitur-fitur kamera baru.

9to5mac.com Pilihan gesture control pada iOS7 Beta



Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X