"BlackBerry Sedang Maraton Bukan Sprint"

Kompas.com - 30/06/2013, 20:33 WIB
Ilustrasi mashable.comIlustrasi
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Harapan bahwa BlackBerry 10 akan mengubah peruntungan pembuatnya di bisnis mobile seakan kandas setelah angka-angka dalam laporan keuangan kuartal pertama BlackBerry meleset jauh dari perkiraan.

Harga saham perusahaan asal Kanada ini pun dilaporkan terjun bebas dan kehilangan lebih dari seperempat nilainya atau 27,8 persen di posisi harga 10,46 dollar AS pada penutupan perdagangan di bursa Nasdaq, Jumat (28/6/2013) minggu lalu. Nilai tersebut sama dengan posisi harga saham BlackBerry pada November 2012, sebelum peluncuran BlackBerry 10 di awal 2013.

Dalam laporan yang dirilis pada hari itu,  angka pengkapalan produk BlackBerry tercatat sebesar 6,8 juta unit, turun dari 7,8 juta unit pada kuartal pertama tahun lalu. Dari jumlah tersebut, hanya 2,7 juta merupakan perangkat BlackBerry 10.

BlackBerry tidak menjelaskan berapa persisnya jumlah perangkat BlackBerry 10 yang benar-benar terjual setelah didistribusikan ke toko-toko ritel dan rekanan operator seluler.

Perusahaan asal Kanada ini juga mencatat penurunan jumlah pelanggan BlackBerry sebanyak empat juta dan kerugian 13 sen per lembar saham. Padahal, analis sebelumnya memperkirakan profit sebesar 8 sen per lembar saham.

Besarnya kerugian bersih dilaporkan mencapai 84 juta dollar AS, turun dari 518 juta dollar AS setahun yang lalu.

Masih butuh waktu

CEO BlackBerry Thorsten Heins mengatakan bahwa perusahaannya masih membutuhkan waktu beberapa kuartal lagi untuk mengubah peruntungan, serta menekankan bahwa BlackBerry akan tetap menjalankan langkah-langkah sepert yang sudah direncanakan.

"Kami tak diam saja sambil bersedih hati atau hancur lebur," ujar Heins dalam interview dengan Reuters, seusai rilis laporan keuangan BlackBerry. "Dalam pandangan saya, berdasarkan portfolio dan apa yang kami hasilkan, sebenarnya ini adalah kuartal yang bagus."

Laporan yang bersangkutan memang memuat sejumlah catatan positif, termasuk peningkatan posisi kas perusahaan menjadi 3,1 miliar dollar AS per 1 Juni 2013, naik 200 juta dollar AS dari kuartal terakhir pada tahun fiskal yang lalu. Perusahaan ini tak punya utang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X