Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbandingan Galaxy Note 2 dan Xperia Z Ultra

Kompas.com - 01/07/2013, 10:41 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Sony Mobile Communications resmi merilis phablet pertamanya, Sony Xperia Z Ultra, di Shanghai, China, Selasa (25/6/2013). Produk ini hadir dengan spesifikasi hardware yang mumpuni, prosesor quad-core dan baterai berkapasitas besar.

Bagaimana jika Sony Xperia Z Ultra dibandingkan dengan phablet paling laris saat ini, Samsung Galaxy Note II? Karena, kedua produk Android ini akan bersaing langsung di pasar global.

Berikut beberapa perbedaan antara keduanya, seperti dikutip dari Trusted Reviews.

Desain

Xperia Z Ultra merupakan versi jumbo dari Xperia Z. Perangkat ini tetap mempertahankan material kaca antipecah dan antigores pada panel belakang dengan pelindung karet untuk slot microSD dan kartu SIM.

Produk tersebut memiliki bobot 212 gram, jauh lebih berat dibandingkan Xperia Z (146 gram). Uniknya, Sony mampu menjaga ketipisan Xperia Z Ultra, yaitu hanya 6,5mm. Saat ini, ia termasuk salah satu ponsel tertipis di dunia.

Samsung Galaxy Note 2 memiliki desain yang tidak jauh beda dari Galaxy S3. Produk itu memiliki bentuk sedikit melengkung di sudut-sudutnya, dan memakai material plastik. Galaxy Note 2 sedikit lebih tebal dari Xperia Z Ultra, yaitu 8,6mm. Namun, perangkat ini lebih ringan dengan bobot 177 gram.

Layar

Xperia Z Ultra dirilis dengan layar "raksasa", yaitu 6,4 inci. Resolusi yang didukung adalah Full-HD 1080p. Tingkat kerapatan layarnya 344 pixel per inci (ppi), lebih rendah dari Xperia Z yang mencapai 441 ppi.

Galaxy Note 2 memiliki layar yang lebih kecil, yaitu 5,5 inci. Resolusi yang didukung pun tidak setinggi Xperia Z Ultra, yaitu hanya 1.280 x 720 pixel. Begitu juga dengan kerapatan layar 267 ppi.

Stylus

Tidak ada stylus dalam produk Xperia Z Ultra. Namun, ia mendukung penggunaan pensil dan atau pena sebagai pengganti stylus. Secara spesifik, pena tersebut harus terbuat dari metal dengan diameter lebih dari 1mm.

Sementara itu, Galaxy Note 2 dilengkapi stylus yang dinamakan S-Pen. Stylus ini merupakan salah satu yang terbaik di pasaran. Ia mampu merasakan tekanan hingga 1.024 tingkat. Di ujung "pena digital" ini, Samsung juga telah menambahkan material karet yang membuat kegiatan menulis terasa lebih natural.

Kamera

Xperia Z Ultra hadir dengan kamera 8 megapiksel di bagian belakang. Kamera ini dilengkapi kemampuan digital zoom hingga 16 kali. Selain itu, terdapat fitur deteksi wajah, mode burst, HDR, dan merekam video dengan kualitas 1080p. Di bagian depan, ada kamera 2 megapiksel yang juga mampu merekam dengan kualitas 1080p.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com