Video Instagram Geser Twitter Vine

Kompas.com - 02/07/2013, 13:49 WIB
Aplikasi Vine BBC IndonesiaAplikasi Vine
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Layanan berbagi video terbaru yang dirilis Instagram dilaporkan berdampak bagi layanan serupa dari pesaingnya, Twitter Vine.

Dalam sebuah analisis terbaru disebutkan bahwa angka pengunjung ke video Vine anjlok hampir setengah juta per hari setelah Instagram memasukkan aplikasi video dalam layanannya pada 20 Juni lalu.

Data yang dikeluarkan riset Topsy menyebut ada 300.000 tautan video Instagram yang dibagi di hari pertama aplikasi video dirilis.

Seminggu kemudian, Instagram unggul 50 persen lebih dari tautan Vine yang dibagi di internet, demikian angka yang diungkap oleh Topsy.

Per tanggal 27 Juni lalu, ada 1.562.022 tautan di video Instagram, sementara Vine memiliki 935.109 tautan.

Durasi 15 detik

Topsy mengatakan, angka tersebut termasuk penyebutan ulang atau retweet dan tautan, bukan pesan sampah atau spam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Instagram tidak melihat adanya peningkatan yang besar di Twitter sejak situs mikroblog tersebut meluncurkan layanan video,'' tulis Matt McGee, editor Marketing Land.

''Angka yang dibagi dalam beberapa hari terakhir sama dengan awal dan pertengahan Juni. Tetapi Vine jatuh dalam sepekan terakhir.''

Klik Twitter kali pertama meluncurkan aplikasi berbagi video Vine pada bulan Januari 2013. Kala itu, pengguna bisa mengunggah klip video berdurasi enam detik.

Sementara itu, layanan video Instagram melalui Facebook bisa mencapai durasi 15 detik dan bisa ditambah dengan edit warna dan filter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.