BlackBerry: Layanan BBM Sudah Pulih

Kompas.com - 04/07/2013, 10:25 WIB
BlackBerry Q10 dan BlackBerry Bold 7970 Aditya Panji/KompasTeknoBlackBerry Q10 dan BlackBerry Bold 7970
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com — Layanan BlackBerry mengalami gangguan pada Rabu (3/7/2013) sejak pukul 11.00 WIB. Setelah dilakukan investigasi dan perbaikan selama 13 jam lebih, akhirnya layanan BlackBerry kembali normal.

"Pada jam 00.30 WIB tanggal 4 Juli 2013, semua layanan BlackBerry di Indonesia kini beroperasi kembali secara normal," tulis perwakilan BlackBerry Indonesia dalam sebuah pernyataan.

Gangguan kali ini hanya terjadi di Indonesia. Dampaknya, pesan yang masuk ke BlackBerry Messenger (BBM) menjadi tertunda, serta sulit mengirim e-mail, dan mengakses internet.

Pihak BlackBerry tak menginformasikan secara pasti soal penyebab gangguan.

Peristiwa gangguan BlackBerry kali ini bukanlah yang pertama kalinya di tahun 2013. Pada Mei lalu, layanan BBM sempat terganggu. (Baca: Layanan BlackBerry Messenger Tumbang)
 
Sementara pada 2012, Kementerian Komunikasi dan Informatika mencatat layanan BlackBerry mengalami gangguan sebanyak 3 kali di Indonesia.

Gangguan pertama tahun 2012 terjadi pada layanan e-mail BlackBerry di akhir Maret 2012. Kemudian pada 15 Agustus 2012, layanan e-mail BlackBerry kembali mengalami gangguan. Ketiga, giliran pesan instan BBM yang terganggu pada 2 Oktober 2012.

Ikuti perkembangan berita ini di topik:
Gangguan Layanan Internet

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.