Terungkap, Proyek Antarmuka Ponsel Buatan Intel

Kompas.com - 04/07/2013, 16:23 WIB
Tizen TizenTalk.comTizen
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Intel akan memberikan kontribusi terhadap pengembangan proyek sistem operasi mobile Tizen. Saat ini, perusahaan raksasa semikonduktor tersebut diam-diam sedang mengembangkan sebuah tampilan antarmuka (UI) yang memiliki nama kode "Obsidian".

Adalah situs teknologi Ars Technica yang pertama kali berhasil mendapatkan informasi tersebut dari orang dalam Intel. Situs ini mendapatkan beberapa bocoran screenshot dan juga video terkait proyek Obsidian ini.

Dari gambar screenshot yang didapatkan, terlihat bahwa UI Obsidian memiliki icon-icon berbentuk kotak yang diletakkan berdekatan satu dengan yang lainnya. Desain yang satu ini dikatakan lebih mirip dengan desain flat milik Windows Phone dan Android, daripada desain skeuomorphism milik iOS.

Di bagian bawah layar, terdapat tiga buah tombol, yaitu telepon, pesan, dan orang (kemungkinan melambangkan contact). Menurut sang sumber, nantinya tiga tombol tersebut tidak akan hadir sebagai tombol fisik, melainkan sebagai soft button.

UI ini tampil cukup unik pada saat memberikan notifikasi. Ia akan memutar icon hingga 45 derajat atau membentuk "diamond", ditambah notifikasi berwarna merah di bagian bawah.

Arstechnica
Tampilan antarmuka Obsidian.
Belum diketahui kapan Intel akan memperkenalkan secara resmi proyek Obsidian ini. Namun, diketahui bahwa UI ini nantinya akan berjalan di sistem operasi Tizen 2.0. Ada kemungkinan juga, Obisidan hadir di Android.

Tizen merupakan sistem operasi mobile hasil inisiasi dari tiga perusahaan besar, yaitu Linux Foundation, Samsung, dan Intel.

Hingga saat ini, belum ada satupun perangkat berbasis Tizen yang dilepas ke pasaran oleh ketiganya. Samsung telah berencana untuk melepas sebuah perangkat Tizen di tahun 2013 ini, khususnya untuk pasaran Asia.

Adapun Intel sudah "menyumbangkan" prosesornya, Intel Atom, ke beberapa ponsel Android. Namun, hingga saat ini, masih belum membeberkan kapan prosesor mereka menjadi dapur pacu produk berbasis Tizen.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X