Survei 4 "Smartphone", iPhone 5 Paling "Tercela"

Kompas.com - 05/07/2013, 16:38 WIB
Samsung dan Apple Samsung dan AppleSamsung dan Apple
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Firma analis media sosial We Are Social mengumumkan hasil survei tentang smartphone terpopuler saat ini. Dari survei ini, diketahui bahwa ponsel pintar milik Apple, iPhone 5, adalah perangkat yang paling dicela alias paling banyak mendapatkan kritikan negatif.

Nilai yang didapatkan iPhone 5 dua kali lipat lebih banyak dari urutan terbaik di kategori tersebut, Samsung Galaxy S4. iPhone 5 mendapatkan kritikan negatif sebanyak 20 persen, sedangkan Galaxy S4 hanya 11 persen.

Setelah iPhone 5, disusul oleh BlackBerry Z10 dan Lumia 920 yang mendapat nilai "kecaman" sebesar 18 persen dan 15 persen.

Menurut We Are Social, kebanyakan pengguna media sosial memberikan kritikan negatif tentang konektor power baru (lightning connector), tidak akuratnya aplikasi peta Apple Maps, dan betapa miripnya iPhone 5 dengan generasi sebelumnya.

"Brand sering menerima kritik untuk produk baru mereka karena tidak menawarkan suatu hal yang benar-benar baru dibandingkan generasi sebelumnya," kata Ed Kitchingman, Senior Analis di We Are Social, seperti dikutip dari DailyMail, Jumat (5/7/2013).

Galaxy S4 memang dirilis dengan segudang fitur baru. Oleh karena itu, tidak heran para "penduduk" dunia jejaring sosial banyak membicarakan fitur-fitur baru tersebut. Menurut Kitchingman, Samsung memiliki "faktor wow" dengan menarik 56 persen pengguna jejaring sosial untuk terus membicarakan fitur baru yang dimilikinya.

Adapun Apple dengan iPhone 5-nya hanya berhasil "menarik" 29 persen orang untuk membicarakannya di dunia jejaring sosial.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meskipun begitu, Apple berhasil membuat kehebohan tersendiri pada saat peluncuran iPhone 5. Hal tersebut terbukti dari banyaknya pengguna jejaring sosial yang membicarakan iPhone 5, yaitu mencapai 1,7 juta.

Nilai tersebut sangat bertolak belakang dari peluncuran BlackBerry Z10 yang mencapai 300.000, Galaxy S4 dengan 140.000, dan Lumia 920 dengan 45.000.

We Are Social juga membeberkan, Apple masih menjadi perusahaan dengan pengguna loyal terbanyak, yaitu sebanyak 42 persen.

Survei oleh We Are Social ini dilakukan dengan cara memindai dan mencari topik yang relevan melalui Twitter, blog, dan juga forum, mengikuti peluncuran empat ponsel kelas atas, yaitu iPhone 5 pada September 2012, Galaxy S4 pada Maret 2013, BlackBerry Z10 pada Januari 2013, dan Lumia 920 pada September 2012.



Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X