Bos Nintendo Janji Tidak Pecat Karyawan

Kompas.com - 08/07/2013, 16:00 WIB
Satoru Iwata, President Global Nintendo JoystiqSatoru Iwata, President Global Nintendo
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Demi melakukan penghematan, banyak perusahaan besar yang akhirnya memutuskan untuk menghentikan puluhan hingga ribuan karyawannya. Namun, karyawan perusahaan gaming asal Jepang, Nintendo, tampaknya bisa tidur dengan nyenyak.

Pasalnya, President Global Nintendo Satoru Iwata mengklaim bahwa perusahaan tidak akan pernah memecat karyawannya hanya demi efisiensi biaya.

Dalam rapat pemegang saham, seperti dikutip dari Joystiq, Senin (8/7/2013), Iwata mengungkapkan bahwa perusahaannya tidak perlu memberhentikan karyawan untuk keluar dari masalah keuangan.

"Memang benar bahwa bisnis kami sedang pasang surut setiap beberapa tahun, dan tentu saja, situasi yang ideal bagi kami adalah untuk membuat keuntungan bahkan pada periode rendah sekalipun, mengembalikan keuntungan ini kepada investor, dan mempertahankan harga saham tinggi," kata Iwata.

Menurut Iwata, apabila perusahaan memiliki rencana untuk memecat karyawan, maka moral dari karyawannya akan terus menurun. Tentu, hal ini tidak diinginkan di perusahaan manapun juga.

"Jika kami mengurangi jumlah tenaga kerja untuk hasil keuangan jangka pendek yang lebih baik, moral karyawan akan menurun, dan saya kurang yakin karyawan yang takut dipecat akan mampu mengembangkan judul software yang dapat dikagumi orang-orang di seluruh dunia," ujar Iwata.

"Karyawan membuat kontribusi berharga di bidangnya masing-masing, jadi saya raya memecat karyawan tidak akan meningkatkan bisnis Nintendo dalam jangka panjang," kata Iwata.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih lanjut, Iwata menjelaskan bahwa buruknya hasil keuangan Nintendo sebagian besar disebabkan oleh nilai tukar global yang berubah secara drastis.

Nintendo pun akan mencari cara lain untuk kembali bersaing di dunia game, salah satunya adalah melalui memotong biaya yang tidak perlu dan meningkatkan efisiensi bisnis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Joystiq

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.