Kompas.com - 09/07/2013, 08:52 WIB
HTC One HTC One
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com — Produsen ponsel pintar HTC merilis laporan keuangan kuartal kedua tahun 2013. Pendapatan dan laba bersihnya turun jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu, tetapi mengalami kenaikan dibandingkan kuartal pertama 2013.

Pada kuartal dua tahun 2013, HTC meraih pendapatan sebesar 70,7 miliar dollar Taiwan (sekitar Rp 23,2 triliun), dengan laba bersih 1,25 miliar dollar Taiwan (sekitar Rp 410 miliar).

Jumlah ini turun drastis jika dibandingkan periode yang sama tahun 2012 lalu, di mana perusahaan meraih pendapatan 91,04 miliar dollar Taiwan (sekitar Rp 29,86 triliun) dengan laba bersih 7,40 miliar dollar Taiwan (sekitar Rp 2,4 triliun).

Meski demikian, laba bersih HTC pada kuartal dua 2013 ini berhasil naik dibandingkan kuartal pertama tahun 2013, yang hanya mencatat laba bersih 85 juta dollar Taiwan (sekitar Rp 27,8 miliar).

Laba ini diyakini berasal dari kesuksesan ponsel pintar HTC One berbasis Android, yang dirancang untuk menantang Samsung Galaxy S4, Sony Xperia Z, BlackBerry Z10, dan Apple iPhone 5.

Perusahaan mengklaim berhasil menjual 5 juta unit HTC One secara global dalam waktu 50 hari.

Meski demikian, HTC bisa disebut kehilangan momentum dalam memasarkan HTC One. Di sejumlah negara, termasuk Indonesia, produk ini terbilang lambat masuk pasar. Perusahaan kekurangan komponen kamera untuk HTC One sehingga membuat pengiriman tertunda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

HTC One diperkenalkan pada Februari 2013, tetapi baru masuk pasar Indonesia pada akhir Mei 2013 dengan harga Rp 7,5 juta.

HTC sedang berusaha meningkatkan citra merek dengan strategi pemasaran baru, yang mulai berani menyindir produk kompetitor. Beberapa kali HTC terlihat menyerang ponsel pintar Samsung Galaxy di media sosial Twitter.

Menurut data lembaga riset IDC dan Bloomberg Industries, HTC kini menduduki peringkat sembilan produsen ponsel pintar terbesar pada kuartal pertama 2013, dengan pangsa pasar 2,4 persen.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.