Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toshiba Rilis Laptop Quad-Core Rp 4 Juta-an

Kompas.com - 09/07/2013, 09:35 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Selama ini laptop dengan prosesor quad-core mungkin identik dengan harga mahal, tetapi hal tersebut tidak berlaku untuk Satellite C40D dari Toshiba. Laptop tersebut dibanderol dengan harga kisaran 439 dollar AS atau sekitar Rp 4,4 juta.

Harga tersebut belum termasuk sistem operasi Windows yang tersedia sebagai opsi tambahan.

Selain prosesor APU AMD A4-5000 dengan grafis terintegrasi Radeon HD 8330, Satellite C40D juga dibekali dengan RAM 2GB DDR3 1333 MHz, hard disk berkapasitas 500GB, dan DVD Super Multi drive.

Toshiba
Toshiba C40D

Layar laptop ini terbentang selebar 14 inci dengan resolusi 1366 x 768. Kelengkapan lain termasuk web-cam terintegrasi, Bluetooth, port USB 3.0, dan dukungan Wi-Fi 802.11 b/g/n.

Satellite C40D sudah tersedia mulai hari Senin (8/7/2013). Toshiba juga menyediakan versi Satellite C40D yang dibundel dengan sistem operasi Windows 8 Single Language. Harganya dipatok sebesar 509 dollar AS atau sekitar Rp 5,1 juta.

"Kabini" Pertama

Toshiba Satellite C40D sekaligus menjadi laptop pertama yang menggunakan prosesor AMD berkode nama "Kabini" dalam bentuk APU AMD A4-5000 berkecepatan 1,5 GHz.

Prosesor ini merupakan paket system-on-chip quad-core pertama dari AMD yang menggabungkan seluruh chip komponen sistem (prosesor, GPU, chipset di dalam satu kemasan).

APU seri A4 pada Satellite C40D duduk di urutan kedua dalam hierarki prosesor Kabini. Oleh AMD, APU ini diposisikan sejajar dengan prosesor seri Pentium dari Intel. Di atasnya terdapat seri A6 yang digadang-gadang menjadi lawan setanding bagi prosesor Intel Core i3.

AMD
Pemosisian seri APU AMD Kabini

Pertama kali diperkenalkan pada akhir Mei lalu, Kabini diumumkan berbarengan dengan seri APU "Temash" yang diperuntukkan bagi tablet, laptop hybrid, dan perangkat mobile lain dengan ukuran layar 11 inci atau lebih kecil.

Baik Kabini maupun Temash sama-sama menyasar segmen entry level dan mainstream di masing-masing ketegori perangkat.

Setelah Toshiba Satellite C40D, apakah laptop dari merek-merek lain akan segera menyusul dengan mengusung prosesor AMD Kabini? Kita tunggu saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.