Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/07/2013, 08:12 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Tiga mahasiswa dari Australia memberi wacana baru dalam teknologi mobil otomatis yang bisa berjalan tanpa pengemudi. Mereka menggunakan ponsel pintar untuk mengendalikan mobil tersebut.

Ketiga mahasiswa itu adalah Tommi Sullivan, Michael Lennon, dan Yukito Tsunoda, yang berasal dari jurusan teknologi dan informasi Universitas Griffith, Queensland, Australia.

Mereka membuat purwarupa mobil mainan yang dibekali pedal. Ponsel pintar dipasangkan di bagian depan mobil. Dua fitur pada ponsel pintar ini dimanfaatkan, yakni kamera dan GPS. Kamera digunakan untuk mengidentifikasi jalur, sedangkan GPS untuk navigasi.

"Sebuah kendaraan tak berawak biasanya menggunakan kamera atau sensor yang berbeda, atau Ladar (Light Detection And Ranging) di atas. Tetapi keunikan dalam mobil ini, adalah sebagian besar sensor yang digunakan berasal dari ponsel pintar," kata Sullivan seperti dikutip dari CNet.

Tsunoda menambahkan, mereka punya harapan dapat membuat teknologi ini agar dapat digunakan oleh publik. "Kami berharap suatu hari melihat orang-orang menggunakan ponsel pintar untuk menjalankan mobil dalam kehidupan nyata," ujarnya.

Atas inovasi teknologi mutrakhir ini, mereka memenangkan Queensland iAward 2013.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.