Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android Jelly Bean Kini Paling "Berkuasa"

Kompas.com - 10/07/2013, 10:32 WIB
Aditya Panji

Penulis

KOMPAS.comAndroid versi 4.1 dan 4.2, yang termasuk dalam kode nama Jelly Bean, kini menjadi sistem operasi Android yang paling banyak digunakan di dunia. Hal ini dibuktikan melalui statistik pemakai Android yang diperbarui Google pada 8 Juli 2013 di situs web resmi pengembang aplikasi.

Jelly Bean kini menguasai pangsa pasar Android sebesar 37,9 persen, dengan rincian 32,3 persen untuk versi 4.1 dan 5.6 persen untuk versi 4.2.

Jelly Bean berhasil menyalip Android versi 2.3 kode nama Gingerbread, yang selama ini menguasai pangsa pasar. Sebanyak 34,1 persen perangkat Android saat ini berjalan dengan Gingerbread.

Posisi ketiga ditempati oleh Android versi 4.0 kode nama Ice Cream Sandwich, yang menurun jadi 23,3 persen.

Screenshot situs web Developer Android
Statistik pemakai sistem operasi Android per 8 Juli 2013
Angka-angka tersebut dilacak Google dari kunjungan pengguna Android ke toko aplikasi online Google Play Store. Dari sisi pertumbuhan, Jelly Bean yang dirilis pada Juli 2012 tumbuh lebih cepat daripada Gingerbread yang dirilis pada Desember 2010.

Android mengalami pertumbuhan sangat cepat. Beberapa lembaga riset menobatkan si robot hijau sebagai penguasa sistem operasi mobile di dunia. Apalagi, Android didukung oleh banyak produsen terkemuka, seperti Samsung, LG, Sony, HTC, dan Motorola.

Google tentu berharap para pengguna ponsel pintar Android segera memperbarui sistem operasinya ke versi terbaru. Jika pengguna memakai sistem operasi terbaru, akan memudahkan Google dalam mengontrol ekosistem serta memudahkan pengembang aplikasi untuk meminimalkan fragmentasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com