Kompas.com - 10/07/2013, 14:01 WIB
Makoto Kimura, President Nikon BloombergMakoto Kimura, President Nikon
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Semakin canggihnya teknologi kamera yang ditanamkan pada smartphone membuat konsumen lebih memilih menggunakan perangkat tersebut untuk mengambil gambar dibandingkan kamera saku. Imbasnya, tingkat penjualan kamera digital saku terus mengalami penurunan.

Menyadari hal tersebut, Nikon, salah satu pengembang kamera digital, langsung menyiapkan sebuah strategi bisnis baru. Nikon disinyalir sedang mempertimbangkan untuk membuat produk ponsel pintar.

Dalam wawancaranya dengan situs berita bisnis Bloomberg, Makoto Kimura, President Nikon, secara tersirat mengutarakan hal tersebut.

"Kami ingin membuat sebuah produk yang ingin mengubah konsep dari kamera. Ini bisa jadi sebuah produk konsumer non-camera," kata Kimura. Kalimat terakhir dalam percakapan tersebutlah yang banyak ditafsirkan sebagai kemungkinan Nikon dalam membuat produk ponsel pintar.

"Kami memusatkan ide kami di seputaran kamera tapi kami dapat mengubah pendekatan kami untuk menawarkan produk ke pasar yang lebih besar," ujar Kimura, seperti dikutip dari Phone Arena, Rabu (10/7/2013).

Penjualan perangkat kamera digital (DSC atau Digital Still Camera) memang sedang menurun, kalah jauh dari perangkat ponsel. Menurut lembaga riset GFK, penjualan kamera digital di wilayah Asia dan Oceania turun dari 6,7 juta unit pada 2011 menjadi 5,8 juta unit sepanjang 2012. Angka tersebut mencerminkan penurunan sebesar 14 persen.

Sementara itu, menurut Phone Arena, pengapalan ponsel pintar bertumbuh 46 persen dalam beberapa bulan terakhir.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemampuan kamera yang dibenamkan dalam ponsel pintar memang semakin canggih. Lihat saja apa yang dilakukan oleh Nokia. Beberapa tahun lalu, perusahaan asal Finlandia tersebut sudah meluncurkan ponsel pintar dengan kamera 41 megapiksel. Kamera tersebut pun kabarnya akan digunakan di perangkat baru mereka, Lumia 1020.

Beberapa produsen lain, seperti Samsung, HTC, dan Apple, juga berlomba-lomba untuk merilis ponsel dengan kemampuan kamera yang baik.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.