Presiden SBY Diminta Buka Forum Internet Dunia

Kompas.com - 11/07/2013, 09:07 WIB
Ilustrasi sxc.huIlustrasi
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
Ilustrasi KOMPAS.com - Rencananya, pada 22-25 Oktober 2013 akan diadakan Internet Governance Forum (IGF) di Bali, Indonesia. Forum internasional ini akan membahas tata kelola internet.

Ketua Indonesia Internet Governance Forum (ID-IGF), Semuel "Semmy" Pangerapan, mengatakan pihaknya selaku penyelenggara telah mengirimkan surat ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (Presiden SBY) terkait acara itu.

Salah satu poin penting dalam isi suratnya, menurut Semmy, adalah meminta kesediaan Presiden SBY untuk membuka acara IGF ke-8 di Bali.

“Apalagi Presiden SBY cukup akrab dengan dunia Internet. Terbukti dengan adanya situs resmi PresidenRI.go.id dan akun twitter @sbyudhoyono. Juga Facebook Presiden SBY yang belum lama ini diluncurkan di Istana Bogor,” ujar pria yang juga menjabat Ketua Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia itu.

Memasuki Masa Kritis

IGF di Bali diyakini Semmy akan menjadi sebuah barometer penting bagi negara lain tentang tata kelola internet. Terutama, dalam menampilkan dialog yang sehat antara pemerintah, swasta dan masyarakat sipil.

Forum tersebut merupakan konferensi tingkat dunia yang dimandatkan oleh Persatuan Bangsa Bangsa (PBB). Tak bisa dipungkiri, mata dunia akan mengarah ke Indonesia untuk melihat sukses tidaknya forum tersebut berlangsung.

Masalahnya, seperti disebutkan dalam keterangan tertulis itu, waktu yang tersisa untuk persiapan yang efektif hanya tinggal dua bulan lagi.

“Saat ini kita sudah memasuki masa kritikal. Dukungan dari negara menjadi penting agar Konferensi Global IGF ke-8 bisa terlaksana dengan baik di Indonesia.”

Moedjiono Sardjoeni, anggota Tim Pelaksana Dewan Teknologi Informasi dan Komuninasi Nasional (Detiknas) yang juga Ketua Pelaksana Indonesia Internet Governance Forum (ID-IGF), mengatakan ini adalah kesempatan bagi Indonesia untuk bersuara di tingkat global.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X