Lumia 1020, Ponsel Windows Phone "41 Megapixel"

Kompas.com - 12/07/2013, 08:33 WIB
Nokia Lumia 1020 NokiaNokia Lumia 1020
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Nokia resmi memperkenalkan Lumia 1020, smartphone berbasis Windows Phone 8 teranyar dari produsen asal Finlandia tersebut.

Berdasarkan informasi dari keterangan pers yang diterima KompasTekno, fitur utama pada ponsel pintar kelas premium ini adalah unit kamera PureView 41 megapixel (7712x5360) dengan lensa Zeiss f/2.2 yang diklaim mampu menghasilkan "foto tertajam di antara kamera digital manapun".

Kamera dengan shutter mekanik ini mirip dengan milik Nokia 808 PureView yang dirilis pertengahan tahun lalu. Bedanya, 808 PureView menggunakan OS Symbian yang kini sudah ditinggalkan oleh Nokia.

Melengkapi kamera 41 megapixel tersebut, Nokia turut membekali Lumia 1020 dengan flash Xenon dan aplikasi "Pro Camera" yang menyediakan berbagai macam opsi pengaturan tingkat lanjut, seperti white balance, ISO, shutter speed, dan lain-lain.

Kemampuan lainnya yang juga unik adalah "dual capture", yaitu perekaman dua foto sekaligus. Satu foto akan disimpan dengan resolusi 38 megapixel sementara resolusi foto kedua dipatok pada angka 5 megapixel agar mudah untuk dibagikan lewat jejaring sosial.

Spesifikasi hardware Lumia 1020 sendiri mencakup layar AMOLED 4,5 inci dengan resolusi 1280x768, prosesor dual-core 1,5 GHz, RAM 2GB, baterai 2.000 mAh, dan memori internal 32GB.

Ada pula aksesoris "Nokia Camera Grip" yang biasanya hanya dimiliki oleh kamera sungguhan. Pegangan tangan ini juga dilengkapi lubang sekrup untuk mamasang tripod.

Lumia 1020 akan mulai dipasarkan di Amerika Serikat secara eksklusif lewat operator seluler AT&T dengan harga 299 dollar AS dengan kontrak dua tahun.  WIlayah Eropa dan Amerika Latin akan turut disinggahi kuartal ini.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X