Kompas.com - 12/07/2013, 09:16 WIB
SHUTTERSTOCK
EditorReza Wahyudi
Penjualan komputer pribadi atau personal computer (PC) anjlok selama lima kuartal, dan mengalami "durasi penurunan yang terlama" dalam sejarah.

Pembelian PC seluruh dunia mencapai 76 juta unit di kuartal kedua, turun 10,9% dari tahun sebelumnya, menurut penelitian Gartner, sebuah perusahaan yang melakukan studi teknologi informasi.

Penjualan PC anjlok selama beberapa tahun terakhir menyusul peningkatan popularitas tablet.

Gartner menyebutkan munculnya tablet yang berharga murah memukul penjualan PC, terutama di negara-negara dengan pertumbuhan ekonomi yang kuat.

"Di negara yang memiliki potensi pertumbuhan ekonomi yang tinggi, tablet yang tidak mahal menjadi pilihan bagi banyak orang, mereka menunda untuk membeli PC, "seperti disampaikan Mikako Kitagawa, kepala analisis Gartner.
'Peningkatan'

Data yang berbeda yang dipublikasikan oleh perusahaan penelitian IDC juga menunjukan penjualan PC sejak awal tahun mengalami penurunan sampai 11,4%.

IDC yang menggunakan metode yang sedikit berbeda untuk menghitung data, mengatakan total penjualan mencapai 75,6% unit di kuartal kedua.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski demikian, penelitian itu menyebutkan angka yang lebih baik dibandingkan ekspektasi semula dan tampaknya akan meningkat dalam beberapa bulan mendatang.

"Dengan pertumbuhan pada kuartal kedua yang mendekati perkiraan, kami tetap melihat adanya peningkatan dalam semester kedua tahun ini," kata Jay Chou, analis senior IDC Worldwide PC Tracker.

Tetapi dia juga memperingatkan bahwa sektor ini juga menghadapi risiko dan harus bekerja keras untuk memperbaiki kondisi penjualan.

"Pertumbuhan yang melambat terjadi di Eropa dan Cina yang menggambarkan kerugian, sementara di AS tampak adanya potensi peningkatan. Tetap saja, kelemahan (penjualan) terjadi di negara-negara dengan kekuatan ekonomi baru," kata Chou.

Chou menambahkan harus banyak upaya yang dilakukan PC untuk membuat harga lebih rendah dan lebih menarik, sehingga dapat bersaing dengan tablet. (BBC)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.