Lima Aplikasi iOS Gratis untuk Ramadhan

Kompas.com - 13/07/2013, 11:13 WIB
Screenshot beberapa aplikasi Islami untuk iOS AppleScreenshot beberapa aplikasi Islami untuk iOS
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Ramadhan kembali menyapa. Umat Muslim di seluruh dunia berlomba-lomba menjalankan amal ibadah untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya.

Di zaman modern seperti sekarang ini, kegiatan amal ibadah tersebut bisa dibuat lebih lancar dengan dukungan gadget dan aplikasi religius yang khusus dibuat untuk Ramadhan atau bertemakan Islam secara umum.

Aplikasi-aplikasi itu pun tak harus berbayar. Banyak judul-judul Islami populer yang bisa diperoleh secara gratis dari berbagai macam platform, mulai dari Android hingga Windows Phone. iOS pun tak terkecuali.

Nah, berikut ini daftar lima aplikasi populer di platform iPhone dan iPad tersebut, seperti yang dikumpulkan oleh Tech in Asia. Beberapa di antaranya juga bisa diperoleh di platform Android melalui toko aplikasi Google Play.

1. Ainun
Buah karya dari developer Indonesia Weirdsgn dan Dihardja Software Solutions, dalam bahasa Arab, "Ainun" berarti mata. Aplikasi ini menyediakan sarana photo sharing dan mampu memperkaya hasil tangkapan gambar dengan 10 macam filter.

Ada pula opsi menghias foto dengan kaligrafi bernapaskan Islam dan 60 macam kutipan inspiratif yang bisa dipakai untuk 10 jenis momen. Ainun memiliki intergrasi dengan jejaring-jejaring sosial utama, termasuk Facebook, Instagram, Twitter, Path, dan Google +.

Ainun bisa diperoleh di toko aplikasi App Store dan akan segera tersedia di platform Android melalui Google Play.

2. InstaDeen
Satu lagi sarana berbagi foto untuk pengguna perangkat iOS. InstaDeen diciptakan oleh developer Malaysia Adiman Muhammad dan menyediakan ornamen-ornamen penghias foto dalam bentuk kutipan ayat-ayat Al Quran, waktu shalat, hadits, dan banyak lagi.

Seperti Ainun, InstaDeen juga mendukung tangging berbasis lokasi serta integrasi dengan Facebook, Twitter, dan Instagram. Versi lite dari InstaDeen bisa diperoleh dengan gratis dari App Store.

3. Muslim Pro Azan, Quran, Qibla
Sesuai namanya, Muslim Pro yang dikembangkan oleh perusahaan Singapura Bitsmedia Pte Ltd menawarkan fitur-fitur seperti waktu shalat sesuai dengan lokasi pengguna, panggilan azan, penunjuk lokasi kiblat dalam bentuk animasi kompas, dan Al Quran dalam bentuk audio yang diterjemahkan ke dalam 15 bahasa (audio dan terjemahan hanya tersedia untuk versi berbayar).

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X