Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Minati Perusahaan Israel Perancang Kinect?

Kompas.com - 17/07/2013, 15:38 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Guardian
KOMPAS.com - Perusahaan asal Israel tampaknya mulai menarik perhatian perusahaan-perusahaan Silicon Valley. Setelah Google memutuskan untuk membeli perusahaan pembuat peta Waze, Apple dikabarkan sudah bernegosiasi untuk mengakuisisi perusahaan asal Israel lainnya, Primesense.

Bergerak di bidang apakah sebenarnya Primesense itu, sehingga akhirnya menarik perhatian perusahaan sekelas Apple? Bagi Anda pengguna controller pengenal gerak dan suara Kinect, pasti sudah tidak asing dengan teknologi buatan perusahaan tersebut. Ya, Primesense ternyata perusahaan pembuat teknologi pengenal gerakan di Kinect.

Keinginan Apple untuk mengakuisisi Primesense, seperti dilansir oleh Guardian, Rabu (17/7/2013), diperkirakan muncul karena mereka ingin memperluas teknologi produk-produk, seperti Apple TV, dengan teknologi pengenal gerak. Teknologi ini dibutuhkan untuk "melawan" fitur serupa yang sudah ditawarkan perangkat konsol gaming, seperti Xbox One.

Sekadar informasi, pengguna Xbox One nantinya dapat mengontrol layanan TV hanya dengan menggunakan suara dan gerakan. Hal ini bisa terjadi berkat adanya Kinect, yang memiliki kombinasi teknologi inframerah dan sistem pengenal gerakan.

Apple sendiri dikabarkan telah menawarkan uang sebesar 280 juta dollar AS untuk membeli perusahaan tersebut. Namun, sebuah sumber kepada situs web teknologi TechCrunch telah membantah rumor akuisisi ini.

"Laporan ini berbasiskan delusi jurnalis pada petunjuk yang tidak diverifikasi dan telah dipelintir," kata sang sumber.

"280 juta dollar AS? Yang benar saja! Kami bernilai 10 kali lipat lebih banyak dari jumlah tersebut!," ujarnya.

Hingga saat ini, Apple masih menolak berkomentar terhadap rumor akuisisi ini. Keputusan Apple untuk tetap diam masih membuka kemungkinan adanya akuisisi tersebut.

Perusahaan teknologi Israel memang sedang digandrungi. Lihat saja Google. Perusahaan raksasa internet ini telah mengakusisi layanan pemetaan berbasis komunitas asal Israel, Waze, dengan uang sebesar 1,3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 12,7 triliun.

Pada tahun 2011, Apple juga membeli perusahaan Israel lainnya, Anobit, yang menyediakan teknologi untuk meningkatkan kemampuan solid-state storage, dengan nilai 390 juta dollar AS.

Selain Anobit, Apple juga diketahui memiliki beberapa pusat pengembangan di Israel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Guardian
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com