Apple Minati Perusahaan Israel Perancang Kinect?

Kompas.com - 17/07/2013, 15:38 WIB
Teknologi gerak Kinect merupakan buatan dari perusahaan asal Israel, Primesense MicrosoftTeknologi gerak Kinect merupakan buatan dari perusahaan asal Israel, Primesense
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Perusahaan asal Israel tampaknya mulai menarik perhatian perusahaan-perusahaan Silicon Valley. Setelah Google memutuskan untuk membeli perusahaan pembuat peta Waze, Apple dikabarkan sudah bernegosiasi untuk mengakuisisi perusahaan asal Israel lainnya, Primesense.

Bergerak di bidang apakah sebenarnya Primesense itu, sehingga akhirnya menarik perhatian perusahaan sekelas Apple? Bagi Anda pengguna controller pengenal gerak dan suara Kinect, pasti sudah tidak asing dengan teknologi buatan perusahaan tersebut. Ya, Primesense ternyata perusahaan pembuat teknologi pengenal gerakan di Kinect.

Keinginan Apple untuk mengakuisisi Primesense, seperti dilansir oleh Guardian, Rabu (17/7/2013), diperkirakan muncul karena mereka ingin memperluas teknologi produk-produk, seperti Apple TV, dengan teknologi pengenal gerak. Teknologi ini dibutuhkan untuk "melawan" fitur serupa yang sudah ditawarkan perangkat konsol gaming, seperti Xbox One.

Sekadar informasi, pengguna Xbox One nantinya dapat mengontrol layanan TV hanya dengan menggunakan suara dan gerakan. Hal ini bisa terjadi berkat adanya Kinect, yang memiliki kombinasi teknologi inframerah dan sistem pengenal gerakan.

Apple sendiri dikabarkan telah menawarkan uang sebesar 280 juta dollar AS untuk membeli perusahaan tersebut. Namun, sebuah sumber kepada situs web teknologi TechCrunch telah membantah rumor akuisisi ini.

"Laporan ini berbasiskan delusi jurnalis pada petunjuk yang tidak diverifikasi dan telah dipelintir," kata sang sumber.

"280 juta dollar AS? Yang benar saja! Kami bernilai 10 kali lipat lebih banyak dari jumlah tersebut!," ujarnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hingga saat ini, Apple masih menolak berkomentar terhadap rumor akuisisi ini. Keputusan Apple untuk tetap diam masih membuka kemungkinan adanya akuisisi tersebut.

Perusahaan teknologi Israel memang sedang digandrungi. Lihat saja Google. Perusahaan raksasa internet ini telah mengakusisi layanan pemetaan berbasis komunitas asal Israel, Waze, dengan uang sebesar 1,3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 12,7 triliun.

Pada tahun 2011, Apple juga membeli perusahaan Israel lainnya, Anobit, yang menyediakan teknologi untuk meningkatkan kemampuan solid-state storage, dengan nilai 390 juta dollar AS.

Selain Anobit, Apple juga diketahui memiliki beberapa pusat pengembangan di Israel.



Sumber Guardian
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X