Penjualan Nokia Lumia Lebih Banyak dari BlackBerry - Kompas.com

Penjualan Nokia Lumia Lebih Banyak dari BlackBerry

Kompas.com - 19/07/2013, 09:29 WIB
Reuters
Nokia
KOMPAS.com - Tingkat penjualan per kuartal ponsel pintar seri Lumia kembali mengalahkan BlackBerry.

Dalam laporan keuangan kuartal 2 tahun fiskal 2013, seperti dikutip dari The Verge, Jumat (18/7/2013), Nokia telah menjual 7,4 juta perangkat berbasis Windows Phone tersebut.

Nilai ini meningkat jauh dibandingkan kuartal sebelum-sebelumnya. Pada kuartal 4 tahun fiskal 2012, perusahaan asal Finlandia ini hanya berhasil menjual 4,4 juta unit perangkat. Sedangkan di kuartal sebelum ini, Nokia menjual 5,6 juta unit Lumia.

Jumlah tersebut sedikit lebih besar dibandingkan dengan BlackBerry. Dalam laporan keuangannya, BlackBerry mengungkapkan bahwa jumlah produk yang berhasil dijual hanya sebanyak 6,8 juta unit.

Jumlah penjualan perangkat Nokia itu pun belum ditambah dengan seri Asha. Pada kuartal ini, Nokia telah menjual 4,3 juta perangkat seri Asha.

Sementara itu, penjualan perangkat berbasis Symbian, masih menurut Nokia, nyaris menyentuh angka 0. Sekadar informasi, beberapa waktu lalu, Nokia sudah menyatakan berhenti memproduksi perangkat Symbian.

Laporan keuangan sedikit membaik

Meningkatnya penjualan seri Lumia ternyata dibarengi juga dengan membaiknya laporan keuangan Nokia. Perusahaan yang saat ini dipimpin oleh Stephen Elop ini hanya mengalami kerugian bersih sebesar 150 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,5 triliun.

Nilai tersebut jauh lebih baik dari kuartal-kuartal sebelumnya. Pada kuartal tiga dan dua tahun fiskal 2012, Nokia merugi sebesar 754 juta dollar AS dan 1,01 miliar dollar AS.

Meskipun begitu, pendapatan tahunan Nokia tampak sedikit menurun. Di kuartal ini, pendapatan mereka mencapai 7,4 miliar dollar AS, menurun dari 9,2 miliar dollar AS pada kuartal yang sama tahun lalu. Hal ini menunjukkan bahwa beban biaya operasional tahun ini tidak setinggi tahun lalu.

Dengan diluncurkannya Nokia Lumia 1020 dan (segera) Lumia 625, apakah keuangan Nokia akan semakin membaik di kuartal berikutnya? Mari tunggu saja.


PenulisDeliusno
EditorReza Wahyudi
SumberThe Verge

Close Ads X