BlackBerry Pangkas Produksi Z10 dan Q10?

Kompas.com - 19/07/2013, 10:14 WIB
BlackBerry Q10 Oik Yusuf/KompasTeknoBlackBerry Q10
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — BlackBerry mencoba bangkit sejak 2013 melalui lini produk yang memakai sistem operasi BlackBerry 10. Setelah kurang lebih enam bulan memulai debut BlackBerry 10, perusahaan ini dikabarkan memangkas jumlah produksi ponsel pintar terbarunya.

Menurut analis pasar Peter Misek dari lembaga riset Jefferies & Co, BlackBerry memangkas jumlah produksi kombinasi ponsel Z10 dan Q10 hampir 50 persen, dari sebelumnya 2 juta perangkat per bulan kini menjadi 1 juta perangkat per bulan.

Seperti dikutip dari Phone Arena, Jumat (19/7/2013), keputusan ini diambil karena penjualan ponsel BlackBerry 10 sedang menurun pada bulan Mei 2013.

Saat ini, BlackBerry memasarkan dua produk—Z10 dan Q10—yang keduanya mengincar segmen pasar premium. Ponsel BlackBerry 10 belum bisa menjangkau segmen pasar kelas menengah ke bawah.

Dalam rapat umum pemegang saham tahun 2013, para investor mendesak perusahaan asal Kanada itu untuk segera merilis ponsel segmen menengah.

Untuk memenuhi kebutuhan itu, BlackBerry sedang menyiapkan Q5 yang bakal ditujukan ke segmen pasar menengah di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.