Ini Dia Rapor Google di Kuartal II

Kompas.com - 19/07/2013, 14:11 WIB
Ilustrasi Aditya Panji/KompasTeknoIlustrasi
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Jumlah aktivasi harian perangkat Android menyentuh angka yang cukup fantastis. Dalam laporan keuangan kuartal 2 tahun 2013, CEO Google Larry Page mengungkapkan bahwa ada 1,5 juta perangkat Android yang diaktivasi tiap harinya.

Jumlah perangkat Android yang "berkeliaran" secara global masih belum berubah sejak ajang konferensi Google I/O yang lalu, yaitu 900 juta perangkat.

Dengan tingkat aktivasi harian yang sangat tinggi, bukan tidak mungkin jumlah perangkat berbasis Android akan menyentuh angka 1 miliar sebelum akhir tahun 2013 ini.

"Nilai tersebut cukup luar biasa, melihat perangkat ponsel Android pertama diluncurkan kurang dari lima tahun yang lalu," kata Page dalam akun Google+ miliknya.

Di saat yang bersamaan, Page juga mengumumkan prestasi yang diraih oleh toko digital Google Play Store. Page mengungkapkan, saat ini, lebih dari 50 miliar aplikasi sudah diunduh melalui toko tersebut.

"Faktanya, kami sudah membayar lebih banyak uang kepada pengembang aplikasi Android tahun ini daripada keseluruhan tahun 2012 lalu," ujarnya.

Laporan keuangan

Dalam kuartal 2 tahun 2013, Google mendapatkan pendapatan sebesar 14,11 miliar dollar AS. Nilai tersebut melambangkan peningkatan sebesar 19 persen secara year-over-year atau dari kuartal yang sama tahun lalu.

Secara detail, 13,11 miliar dollar AS berasal dari produk-produk Google dan 998 juta dollar AS berasal dari Motorola.

Dari segi Motorola sendiri, seperti dikutip dari Engadget, Jumat (19/7/2013), pendapatan ini sedikit meningkat dari kuartal yang sama tahun lalu, yaitu 843 juta dollar AS.

Meskipun memperoleh peningkatan pendapatan, Motorola tetap mencatat kerugian sebesar 342 juta dollar AS di kuartal ini. Kerugian ini sedikit lebih buruk dari tahun lalu, di mana Motorola hanya mengalami kerugian 199 juta dollar AS.

Laba bersih Google sendiri tercatat sebesar 3,23 miliar dollar AS. Nilai tersebut memang terlihat besar, tetapi masih kalah dari kuartal pertama 2013, yaitu 3,55 miliar dollar AS.

Namun, laba bersih ini meningkat cukup tajam dibandingkan tahun lalu. Di kuartal kedua tahun 2012, Google hanya mencatat pendapatan sebesar 2,79 miliar dollar AS.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber ENGADGET
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X